Diproteksi: Link Review Modul

Konten ini diproteksi dengan password. Untuk melihatnya cukup masukkan password Anda di bawah ini:

Iklan

HUKUM, CPD dan EBM [Modul Review]

Kembali lagi ke review modul yang ada di FKIK UNIB 😀

Yeiyy

Di semester tujuh ini, modul-modul yang harus dilewati adalah modul-modul pendek kecuali modul IKK (6 sks). Setelah IKK, dilanjutkan dengan modul Etika, Hukum, CPD, EBM dan kegawatdaruratan yang durasinya hanya 2 minggu.

Modul semester 7 ini berbeda dengan modul-modul yang ada di semester 2-6, karena sudah tidak membahas manusia dengan sudut pandang organ (contoh: modul respirasi (paru), modul kardiologi (jantung)). Modulnya jadi mirip modul semester pertama yang ada modul EBP3KH, Riset dan P2K2, tapi yang semester 7 lebih advance karena mahasiswanya dianggap sudah menguasai pemahaman dasar sebagai dokter. Semester 7 ini juga bisa dibilang sebagai persiapan untuk masuk klinik (a.k.a koass). Semakin dekat dengan gelar s.ked (uhuk :D)

Pada review modul sebelumnya, aku sudah menulis tentang IKK dan Etika. Jadi sekarang lanjut review modul Hukum, CPD dan EBM .

P.S : karena bikin tulisannya pas laptop selesai diperbaiki, tulisannya delay banget hehe.Read More »

UNTITLED

Andai bikin skripsi semudah ngeblog, #sigh

Balik dari Enggano, balik ke rutinitas biasa. Ngampus dan bimbingan skripsi. Modul pertama di semester tujuh adalah IKK atau ilmu kedokteran komunitas. Di modul ini kami belajar basic things yang perlu diketahui dokter. Bukan penyakit atau obat, tapi lebih pada belajar memahami jabatan sebagai dokter dan bukannya hanya tukang menyembuhkan. Seperti misalnya, aturan bpjs, dlp, hukum dan etik kedokteran. Di modul ini juga, kami juga survei ke puskesmas dan perusahaan (bukan buat magang tapi buat observasi). Read More »

RESPI TERROR

Sudah 4 tulisan tentang TERROR yang kubikin, mulai dari Muskuloskeletal Terror (modul terakhir semester 3), kemudian berturut-turut Gastrointestinal, Renal dan Kardio. Kalau begitu biarkan aku melanjutkannya, dengan Respi Terror.

1466745121405

Sekarang kami, BEYOND dan beberapa kakak tingkat lainnya belumlibur. Masih ada satu modul tambahan, spesial hanya untuk semester empat karena semester 2 dan enam sekarang sudah libur. Huhu. Bulan puasa ini menjadi cerita tersendiri bagi kami yang baru mengikuti modul ini, hari pertama puasa saja harus kami habiskan bersama diruang kuliah, mempelajari anatomi.

Kontras sekali dengan tahun lalu, ramadhan full dirumah. Sekarang? Buka puasa aja di jalan, hehe 😀

Modul respi, kepanjangannya Respirasi. Tentang pernafasan. Tentang fisiologi dan patologisnya. Ada yang tahu apa penyakit umum pada sistem pernafasan? Pasti tau dong, Batuk Pilek! Yang datang ketika sistem imun kita tidak baik, sehabis menangis, sehabis hujan-hujanan, sehabis.. apa lagi? Coba lanjutkan di kolom komentar!

Bahasannya tambah asyik saat membahas mikroba dan obat-obatan. Penyakit TB! Bagaimana jalur infeksinya dan kenapa menyerang bagian apex—atas dari paru-paru. Kenapa obatnya harus diberikan enam bulan dan kenapa harus taat. Pas lihat tata urutan obatnya jadi kaget sendiri… RHZE.. apa ini? Mana lagi untuk pengobatan mesti dibarengi dengan pemeriksaan sputum—dahak. Terus kalau pengobatannya berhenti ditengah jalan, harus diapain? Nah lo.

Ribet deh. Tapi menyenangkan 😀Read More »

KARDIO TERROR

Bukannya nggak mau update sering-sering. Tapi kayaknya di aplikasi wordpressnya atau internetna atau browserku ini (kayaknya sih di browsernya) sedang ada gangguan. Kalau mau ngeupload gambar gagal terus. Mulanya kupikir ini masalah internetnya, tapi perasaan ngeaksesnya udah malam pas orang sudah tidur semua (DJ 11 brooo), kalau di wordpressnya, di hp ga ada gangguan kok. Jadi kuasumsikan gara-gara mozila, atau flash atau akunya yang oon makanya aku ga bisa upload gambar.

Gmail juga gagal terus ngeunggah lampiran. Kenapa ya?

Ada yang bisa bantu?


Wokeh, update lagi ya terror seriesnya (karena sekolah kedokteran selalu bikin jantung dag dig dug serrr~). Kali ini modulnya Jantung. Modul yang kayaknya bakal jadi favorit, yah, soalnya kemarin aja sebelum masuk modul ini udah coba-coba ikut olimpiade di kampus cabang jantung-paru hihihi. Bakal kenalan dengan angina pekoris, hipertensi, gagal jantung, ekg… ulalaaaa

Nanti yang mau konsul penyakitnya boleh dibawah hihihi. #ecieh

Modul ini satu-satunya modul yang sebelum kuliah sudah kubaca slidenya. Ngerti lebih dulu tentang membaca ekg (baca : garis-garis seperti rumput yang menandakan kelistrikan jantungmu). Kuliah-kuliahnya pun asyik, walaupun beberapa nggak ngerti sampai ketiduran kuliahnya diulang lagi pas diskusi.

Jantung itu sendiri aja udah organ yang unik. Dari SMA juga udah diajarin tentang ventrikel kanan, kiri, atrium kanan, kiri, aorta, arteri pulmonalis.. Tapi disini diajarin lagi tentang selaput dan ototnya, gimana jantung itu bisa berdetak sendiri, mengenal bunyinya (bagusloh, kayak ringtone hp), tunika-tunikanya, penyakitnya.. dan.. epidemiologinya.

Penyakit jantung itu terbesar keberapa di Indonesia?
Read More »