Imun Terror

Hai hai, balik lagi di Terrortheseries.

Sebagian tulisan awal ditulis di awal modul, sedangkan pas melanjutkannya sekarang, itu sudah akhir minggu ke 6 modul, malah seharusnya sudah modul baru, yaitu Hemato-Onkologi. Libur sih. Akhirnya libur sehari T.T. Selamat hari buruh internasional!

Sekarang, aku lagi di modul Infeksi dan Imunologi. Modul kedua terakhir yang 6 sks. Atau modul kedua di semester 6. Di FKIK UNIB yang sistemnya modul (bukan blok seperti kebanyakan kampus lain di Indonesia), dari awal semester 2 modulnya sudah 6 sks semua, dan berjalan sampai semester 6. Artinya tinggal satu modul lagi nanti, modul Hemato-onkologi, lalu semester 7-nya diisi dengan modul pendek dengan 2 sks. Ngomongin sks ini juga mungkin akan beda penyebutannya dengan sistem fakultas lain. Mungkin akan kujelaskan lain kali.

Kalau mau kepo jadwalnya bisa disini.

16468.jpg

Baca terrortheseries lainnya disini

Muskuloskeletal | Gastrointestinal | Renal | Kardio | Respirasi | Metabolik Endokrin  | Reproduksi | Syaraf Jiwa | PenginderaanRead More »

Penginderaan Terror

Halo, kembali lagi dengan Terror The Series, serial tentang modul-modul kurikulum kedokteran yang rasanya tidak ada habisnya. Modul ke 20 yang kujalani di FKIK UNIB. Belum kelihatan ujungnya, meskipun tahun depan mestinya sudah selesai pendidikan S1-nya, haha.

Kali ini modulnya berjudul Penginderaan. Special Senses. Hayo bisa sebutkan 5 indera P_20170223_175037_BF.jpgmanusia? Ya, kulit, lidah, mata, telinga dan hidung. Tidak termasuk indera keenam karena disini bukan sekolah paranormal, haha. Meskipun ada 5, tapi yang dibahas cuma 3, yaitu telinga, hidung dan.. tenggorokan no, mata. Belajar THT? Ya, tapi penjelasan lebih jelas untuk salah satu organ bantu pernapasan itu sudah dibahas di paketnya sendiri-Respirasi (baca juga:Respirasi Terror), lidah juga hanya dibahas sedikit disini, karena fungsinya yang lain selain pengecapan sudah dibahas di paket modul pencernaan (baca juga: Gastrointestinal Terror). Kulit, sebagai organ terluas di tubuh manusia juga sudah dibahas di semester 3. Tapi tidak ada Kulit Terror, hehe, soalnya Terror The Series vol.1nya mulai di Muskuloskeletal Terror.

Read More »

SARJI TERROR

Benar-benar tak terasa sudah modul terakhir semester 5. Modul Syaraf Jiwa. Bisa disebut semester yang tersingkat, berlalu tanpa jejak. Tidak seperti semester satu yang penuh dengan ‘senior-things’ atau semester 2 yang penuh ketakjuban akan modul sains yang membuatmu berpikir “kupikir kita masuk fk, bukannya masuk mipa jurusan biologi” atau semester 3 dengan keheranan karena modul tingkat pertama beda rasa dengan modul-modul yang benar-benar tentang medis. Juga tidak bisa dibandingkan, antara semester 5 ini dengan semester 4 yang benar-benar penuh, padat, dan membuatmu tidak bisa pulang kampung dengan tenang pada hari raya.

Semester ini berlalu cepat, mungkin karena ada sesuatu yang membuatmu tergesa untuk melewatinya. Seperti di modul Meten, ada agenda PEKSIMINAS pada minggu ke enam, membuatmu pengen cepat-cepat kelar karena “kapan lagi berangkat keluar kota gratis pas jadi mahasiswa?”. Juga saat di modul Repro, ada agenda magang BPN, acara BEM dan Seminar Nasional Fi-Madina yang harus dikerjakan persiapannya. Membuatmu tidak merasakan bahwa hari-hari berlalu begitu saja.Read More »

REPRO TERROR!

Sesuai dengan judulnya, kali ini fira mau bahas modul ke-18 bagi anak-anak angkatan 2014. Reproduksi!

Cakep ya angkanya, pas untuk modul bahasan dewasa! Hehe.

Sebenarnya agak galau mau bahasnya. Disini. Juga galau buat melampirkan gambar, haha.

Kalau di diskusi kelompok dan kuliah sih, sudah hampir terbiasa dengar macam-macam karena materinya memang itu. Mulai dari organ reproduksi, fisiologi ini itu, persalinan, menstruasi, kontrasepsi, dan lain-lain. Saya yang polos pun mulai membiasakan diri (ceh sok polos) dan berusaha menanggapi dengan bijak. Bukan nyengir dan ketawa malu-malu lagi, tapi memikirkan masalah yang mendasarinya.

Jadi, apa perlu diceritakan disini? Gambarnya dilampirkan saja ya, sekalian edukasi. Rasanya yang ngeblog disini sudah pada dewasa semua kan 😀

3 minggu di modul ini memang luar biasa. Selain materi kuliahnya yang menarik, pada modul ini juga ada dua demo yang kuikuti. Satunya ketika para dokter dan mahasiswa kedokteran turun kejalan untuk menolak UU Prodi DLP (yang seharusnya saya jadikan tulisan namun belum kesampaian karena laptop rusak) dan satu lagi (besok sih) demo 4 November.

OOT ya. Balik lagi ke modul repro. Modul ini adalah modul yang menjadikan mahasiswa kedokteran menjadi sebenar-benar mahasiswa kedokteran. Lah iya, cuma di modul ini, pertanyaan yang muncul setelah kuliah menjadi banyak dan macam-macam.Sebagian menjurus ke keluhan pribadi (mungkin) namun ada juga yang mengangkat isu yang beredar di masyarakat. Karena permasalahan medisnya sudah menyasar ke permasalahan utama. Kekhawatiran mengenai kanker mulut rahim, kanker payudara, toksoplasma, mandul, bayi tabung.. semua di bahas. Kuliah obgyn sampai 3 episode (alias 3 hari) saking banyaknya materi yang mesti dipelajari.

94931-004-4ded6ad1

Secara keseluruhan enak sih. Nggak begitu meneror batin dan pikiran saya :P. Karena organ-organ dalam modul ini sudah pernah dibahas dari zaman biologi SMP SMA dan masalah embriologi dan sebagainya sudah dipelajari di semester tiga. Yang paling penting dari modul ini adalah bagaimana memperkaya pengetahuan untuk mengedukasi pasien, keluarga, dan juga diri sendiri. Kenapa hal itu begitu penting? Karena kanker pada organ reproduksi merupakan masalah terbesar baik wanita dan pria. Pada wanita dibayang-bayangi dengan ancaman kanker serviks dan payudara, sedangkan pada pria ada kanker prostat.Read More »

METEN TERROR (Baca! Penting!)

Karena sudah masuk pertengahan (alias minggu ketiga, boleh lah ya ditulis terror-terroran lagi hehe :D)

Gimana rasanya jadi mahasiswa tingkat tiga?

Bagaimana modul pertama setelah libur panjangnya?

Luarrr biasah.

Cuma di modul ini, diktat kuliah yang diberikan pada minggu pertama tebalnya lebih serem daripada 4 minggu modul lain. Gile bener bro! Suci aja sampai ngejilid bahan kuliahnya pake jilid roll gitu, jadi tambah seram!

Apalagi setelah minggu pertama kemarin ada satu hari libur karena Idul Adha. Pas itu aku sudah berinisiatif mencicil belajar karena Peksiminas. Dan jadi kaget sendiri, karena slide kuliah aja udah satu tas! Haha.

Modul ini seru sih. Oh iya, METEN itu Metabolik Endokrin. Cerita pengantar sedikit ya, Metabolik itu seperti metabolisme, jadi bahasannya (mulai lagi) seputar karbohidrat, lemak, protein… mulai dari unsur biokimia, gizi, sampai kelainan-kelainannya. Dan metabolik tadi berhubungan kuat dengan yang namanya Endokrin, atau kelenjar tanpa saluran pada tubuh manusia yang bertugas mensintesis (buat) dan mensekresi (mengeluarkan) hormon. Kelenjar Endokrin  pada tubuh manusia ada banyak, mulai dari yang ada di daerah kepala dan leher (Hipotalamus, hipofisis, pineal, tirod), ginjal (adrenal) juga pada kemaluan (leydig dll). Pokoknya panjang deh kalau dibahas teorinya. Lha wong slidenya aja sampai satu tas, belum termasuk ke kuliah-kuliah penyakit dan obatnya di minggu 4.

Penyakit yang berkaitan, ya paling sering dibahas itu DIABETES MILETUS. Ketika nilai gula darah sewaktumu lebih dari 200 mg/dl dan gula darah puasa lebih dari 126 mg/dl… hmmm… segeralah pergi kedokter gengs. Karena komplikasi dari penyakit ini mengerikan dan mesti di kontrol seumur hidup!

Nah, pertanyaan yang perlu ditanyaain disini juga : apakah ada salah satu anggota keluarga kalian yang memiliki penyakit DM?Read More »

RESPI TERROR

Sudah 4 tulisan tentang TERROR yang kubikin, mulai dari Muskuloskeletal Terror (modul terakhir semester 3), kemudian berturut-turut Gastrointestinal, Renal dan Kardio. Kalau begitu biarkan aku melanjutkannya, dengan Respi Terror.

1466745121405

Sekarang kami, BEYOND dan beberapa kakak tingkat lainnya belumlibur. Masih ada satu modul tambahan, spesial hanya untuk semester empat karena semester 2 dan enam sekarang sudah libur. Huhu. Bulan puasa ini menjadi cerita tersendiri bagi kami yang baru mengikuti modul ini, hari pertama puasa saja harus kami habiskan bersama diruang kuliah, mempelajari anatomi.

Kontras sekali dengan tahun lalu, ramadhan full dirumah. Sekarang? Buka puasa aja di jalan, hehe 😀

Modul respi, kepanjangannya Respirasi. Tentang pernafasan. Tentang fisiologi dan patologisnya. Ada yang tahu apa penyakit umum pada sistem pernafasan? Pasti tau dong, Batuk Pilek! Yang datang ketika sistem imun kita tidak baik, sehabis menangis, sehabis hujan-hujanan, sehabis.. apa lagi? Coba lanjutkan di kolom komentar!

Bahasannya tambah asyik saat membahas mikroba dan obat-obatan. Penyakit TB! Bagaimana jalur infeksinya dan kenapa menyerang bagian apex—atas dari paru-paru. Kenapa obatnya harus diberikan enam bulan dan kenapa harus taat. Pas lihat tata urutan obatnya jadi kaget sendiri… RHZE.. apa ini? Mana lagi untuk pengobatan mesti dibarengi dengan pemeriksaan sputum—dahak. Terus kalau pengobatannya berhenti ditengah jalan, harus diapain? Nah lo.

Ribet deh. Tapi menyenangkan 😀Read More »

KARDIO TERROR

Bukannya nggak mau update sering-sering. Tapi kayaknya di aplikasi wordpressnya atau internetna atau browserku ini (kayaknya sih di browsernya) sedang ada gangguan. Kalau mau ngeupload gambar gagal terus. Mulanya kupikir ini masalah internetnya, tapi perasaan ngeaksesnya udah malam pas orang sudah tidur semua (DJ 11 brooo), kalau di wordpressnya, di hp ga ada gangguan kok. Jadi kuasumsikan gara-gara mozila, atau flash atau akunya yang oon makanya aku ga bisa upload gambar.

Gmail juga gagal terus ngeunggah lampiran. Kenapa ya?

Ada yang bisa bantu?


Wokeh, update lagi ya terror seriesnya (karena sekolah kedokteran selalu bikin jantung dag dig dug serrr~). Kali ini modulnya Jantung. Modul yang kayaknya bakal jadi favorit, yah, soalnya kemarin aja sebelum masuk modul ini udah coba-coba ikut olimpiade di kampus cabang jantung-paru hihihi. Bakal kenalan dengan angina pekoris, hipertensi, gagal jantung, ekg… ulalaaaa

Nanti yang mau konsul penyakitnya boleh dibawah hihihi. #ecieh

Modul ini satu-satunya modul yang sebelum kuliah sudah kubaca slidenya. Ngerti lebih dulu tentang membaca ekg (baca : garis-garis seperti rumput yang menandakan kelistrikan jantungmu). Kuliah-kuliahnya pun asyik, walaupun beberapa nggak ngerti sampai ketiduran kuliahnya diulang lagi pas diskusi.

Jantung itu sendiri aja udah organ yang unik. Dari SMA juga udah diajarin tentang ventrikel kanan, kiri, atrium kanan, kiri, aorta, arteri pulmonalis.. Tapi disini diajarin lagi tentang selaput dan ototnya, gimana jantung itu bisa berdetak sendiri, mengenal bunyinya (bagusloh, kayak ringtone hp), tunika-tunikanya, penyakitnya.. dan.. epidemiologinya.

Penyakit jantung itu terbesar keberapa di Indonesia?
Read More »

RENAL TERROR

Ok, back in again with TERROR-The Series. Bukan mau menakuti, nggak lah ya, juga bukan untuk memberi kesan bahwa masuk kedokteran itu ga gampang dan bikin frustasi (ok bagian frustasinya mungkin kena di tulisan ini), tapi yah, ini cuma sekedar catatan.

Setelah lama vakum di blog, aku merasa agak kehilangan. Apalagi di modul ini, modul “Ginjal dan Cairan Tubuh” aku sedikit ngeforce kemampuan buat mendapat nilai yang lebih baik kali ini. Slide lengkap, bahan rekaman update terus, apalagi laporan praktikum, wah baru modul ini yang bahkan pas hari deadline tinggal kumpul.

 

Keingat pas Gastro kemaren ngerjain anatomi setengah mati sampai mau nangis karena gambarnya ga selesai-selesai.

Keinginan itu kok tiba-tiba pudar pada awal minggu ke empat ini. Hari ini rasanya bosan dan basi. Perlengkapan perang sudah diselempangkan ke pinggang tapi pas mau berangkat rasanya lesu.Read More »

GastroIntestinal Terror

Benar-benar waktu yang kelewat panjang untuk vakum dari blog. Apalagi dengan tulisan jalan-jalan yang menggantung. Gak profesional. Rencana melanjutkan sudah ada, draftnya sudah kutulis. Tapi tetap saja, kalau sudah lewat masanya, bongkahan cerita itu sudah basi. Hiks. Terpaksa bikinnya jadi edisi nostalgia.

Dan habis ini, mau pamitan buat vakum lagi beberapa minggu karena ujian sudah didepan mata dan slide kuliah sudah bertumpuk seperti menara pisa, haha.

Sudah diwanti-wanti senior bahwa semester ke4 ini adalah yang paling berat, dimana 4 modul berjalan spartan, masing-masing 6 minggu dengan pola kuliah 4 minggu-ujian 1 minggu-remedial 1 minggu-kuliah 4 minggu modul baru-ujian 1 minggu.. dst sampai habis. Totalnya 6 bulan berturut-turut tanpa libur, kecuali anda pintar dan nggak dapat remedial sama sekali untuk minggu ke6.

Katanya sih kami bakal puasa dan lebaran bareng karena ga ada liburnya, wkwk.

Kelihatannya berat. Aku juga beberapa kali putus asa dan rasa-rasanya pengen keluar dari semua organisasi buat fokus belajar. Tapi aku sadar beginilah FK. Malah dibeberapa tempat, kuliah dan ujiannya lebih mepet dan lebih berat, dengan persaingan yang lebih tinggi dan materi yang lebih susah. Ngambil keputusan pintas juga ga ada gunanya. Lebih baik dipikir ulang nanti pas sudah minggu ke6.

Kalau begitu, kuceritakan saja pelan-pelan, apa aja yang terjadi selama modul pertama ini ya.

Gastrointestinal. Sistem pencernaan. Kalau digambar diatas itu masih kurang oral sama oesophagusnya. Modul padat, karena penyakit gastro pasti banyak bukan main. Mulai dari yang sakit ulu hati akibat telat makan, keracunan makanan (bukan sianida ya), sampai ke atresia oesophagus atau ani. Satu dosen bisa kasih slide lebih dari 5 sanking banyaknya materi.

Awal modul dimulai dengan anatomi ceria. Lega karena tidak sebanyak muskulo tapi juga sedih karena hapalannya sama banyaknya, haha. Aku senang dengan anatomi, meskipun kadang-kadang bikin mata pedih. Tapi ga bisa lama-lama, aku mesti ngurus surat izin untuk ke Semarang.

Semarang!Read More »

Musculosceletal Terror?

Hello there! Apa kabar para hansip? Masih suka stalking sampai larut malam? Hehe

Sudah 11 hari ya, dari posting terakhir. Provokatif pula tulisannya, Kita Putus! Cerpen yang dibikin dari tantangan si bang Rizki (taglinenya jadi FiravsRizki, duel Cerpen). Cukup hebat juga sebenarnya aku membiarkan judul cerpen itu tetap pada urutan pertama blog, wkwk. Horror banget yak?animasi lucu bergerak 14.gif

Sedikit menyebalkan menerima fakta bahwa akhir-akhir ini seperti tidak ada waktu untuk menulis. Padahal sama Rizki udah buat duel terus kayak itu, mestinya minggu kemarin keluar cerpen dengan tema dark (lagi) tentang jembatan. Dan esok mestinya deadline untuk cerpen tema ‘Maniak’. Rizki bilang dia nggak mau menang WO, katanya seperti menang dari musuh yang tidak pakai senjata. Sebenarnya aku mau bilang aku pake senjata juga, tapi senjatanya tulang, HEHE. tapi kalimat barusan nggak lucu, garing. Mungkin aku juga sudah kehilangan rasa humorku.

Juga, tidak sempat update DiJe 11. Sayang sekali, padahal tahun ini, atau akhir 2015 ini merupakan bulan-bulan paling menyenangkan dengan wordpress. Kalau awal agustus lalu viewsnya cuma 20-an dan itu juga nambah gara-gara ngeakses sendiri, sekarang sudah 700-an! Juga sudah ada follower!!

Kenapa tidak lanjut di Desember?

Bisa kubilang salah satu alasannya adalah… Modul muskuloskeletal Read More »