Ikutan Early PO Wanna One Repackaged Album

Sudah tau dong kalau Wanna One sudah bersiap buat comeback? Meskipun cuma repackage album alias cuma nambah 2-3 lagu dari album energetic lalu, tapi rilisnya sudah ditunggu-tunggu oleh para wannable, termasuk saya. Pengungumannya dirilis pada 28 september lalu, baru juga lewat sebulan dari debut! Haha. YMC benar-benar tau bagaimana caaranya cari uang..

Nothing-Without-You.jpg

Kalau untuk debut album lalu YMC mengajak wannable berpartisipasi memilih title track sebagai salah satu bentuk promosi pra-rilis, kali ini mereka membuka casting untuk anak-anak kecil yang mirip dengan Wanna One untuk menjadi “little wanna one”. Castingnya sih sudah ditutup sekarang, kayaknya sudah ada 11 anak yang terpilih. Yang lucu adalah, pas diumumkan pencarian little wanna one itu banyak orang di media sosial yang ngaku-ngaku istri bias mereka dan bilang begini,

“Aduh Ong, anak kita ikut casting!” atau “Anak gue sama woojin tuh,” pas liat foto anak korea yang mirip Woojin. Ckckck, ngimpi!

Bulan Agustus lalu, aku meminta tolong Dinda untuk memesankan album karena aku sedang di Enggano. Sekalian dibilangin kalau nanti pas dia ulang tahun kubelikan balik albumnya GOT7. Akhirnya pas September awal datanglah album kpop pertama saya

261544.jpg

Dapatnya Lai Guanlin, pcnya Yoon Jisung

Dapat photocardnya bukan biasku sih, tapi pokoknya bersyukur sudah dibeliin hehe.

Nah, kali ini aku ikut early PO. PO itu sendiri adalah Pre Order alias pesan sebelum rilis. Biasanya beberapa online shop membuka sistem pre order ini mengikuti sistem industri musik di Korea. Biar pas rilis betulannya, yang sudah ikut PO tidak akan kehabisan bonus-bonus rilis pertama. Biasanya sih poster. Nah kan sayang banget kalau beli album harga normal tanpa poster.

Keuntungan lain jika ikut pre-order biasanya dikasih bonus dari online shop di Indonesianya juga. Selain itu harganya lebih murah beberapa ribu karena pasti dibedakan dengan harga ready stock. Beberapa online shop biasanya akan mematok harga tertentu (harga normal album + tax + ems) untuk estimasi berat album 500gr. Kalau lebih, yang preorder mungkin harus bayar lebih dan kalau kurang dari berat tersebut biasanya kembaliannya akan disisipkan bersama dengan paketnya.

Kekurangan dari pre order adalah.. tidak tahu mana yang lebih bagus. Biasanya album boyband/girlband korea dirilis lebih dari satu versi. Yang wanna one 2 versi biasanya. Kalau yang Energetic ada versi sky/pink, yang kupunya versi sky. Kalau BTS, album barunya yang Love Yourself itu ada 4 tipe, L, O, V dan E πŸ˜› Masih mending itu, daripada SNSD pernah rilis yang 10 versi pas I Got A Boy, ada versi per member dan satu versi yang all member. Bayangkan aja kalau mau beli satu set harus keluar duit 10 kali lipat, hahaa (ketawa garing, karena saya satu aja susah belinya, wkwk. Baru umur 20 ini lah baru berani beli album, padahal sudah ngidolain kpop sejak 2008).

cafe.jpg

Nah biasanya ini rilisan untuk yang mau memesan pre-order. Bedanya dengan album sebelumnya adalah tidak ada photocover dan slevee-nya. Jadi kemungkinan besar covernya cuma satu. Kalau yang album To Be One, bisa pake photocard yang grup atau yang photocard grup. Juga di yang sebelumnya ada satu flip book, yang ini tidak. Tapi ada bonus baru yaitu mini standing doll dan calender card. Nggak tau deh kayak gimana bentuknya, wong aku baru di dunia beli-beli album hehe.

Nah kan aku sudah nih bayar untuk album, tapi ternyata ada aja yang bikin menyesal. Aku baru tau kalau ada beberapa olshop yang menjual album dengan murah, bahkan hampir setengah harga. Albumnya juga lengkap (biasanya ada orang yang jual album tanpa poster dan photocard jadi lebih murah). Dari percakapan para senior fangirl di line square wannable, katanya album murah itu biasanya kerjasama olshop dengan masternim yang ada di korea. Lah, apa bedanya dengan album yang dibeli di olshop lain? Kalau yang jual dengan harga 260-an sekian itu belinya langsung di toko online/offline resmi, kemudian langsung dikirim ke kita setelah lewat olshopnya.Β  Yang harganya murah bukan berarti albumnya bajakan ya, tapi karena belinya dari tangan masternim. Si masternim ini biasanya orang yang kelewat kaya atau fans garis keras yang sanggup beli album banyak cuma buat memenangkan kesempatan fansign. Dalam fansign biasanya dirandom dari orang-orang yang beli albumnya. Jadi semakin banyak beli album, kesempatan fansign bisa lebih besar. Si masternim inilah yang kemudian menjual album dengan setengah harga (atau malah gratis, dijadiin hadiah giveaway) ke fans-fans kere. Dan, karena Wannaone fans-nya lagi banyak-banyaknya, jadi keberadaan masternim juga meningkat sehingga album dengan harga murah mulai merebak di jagat jual-beli goods kpop.

Agak nyesal sih, siapa sih yang nggak pengen beli album dengan harga murah? Dengan harga yang dikeluarkan sekarang, bisa beli album 1 set? Juga kadang kalau masternimnya baik kadang dikasih hadiah-hadiah lain kayak foto-foto idol (fyi masternim ini kerjaannya biasanya fotoin bias, dengan kualitas yang bening-bening lebih lihai daripada staff). Tapi ada beberapa kekurangan juga kalau beli dari masternim (juga dijelaskan oleh senior-senior). Salah satunya adalah penjualan album yang terhitung di toko online dan offline akan berkurang, dan hal ini akan mempengaruhi kemungkinan kemenangan idola anda di music chart. Padahal tujuannya beli album kan buat mendukung idola, tapi kalau beli dari masternim kan ga tercapai tujuannya. Selain itu sampai ke Indonesia pasti lama, karena si masternimnya pasti bakal sibuk fansign dulu. Bisa satu-dua bulan lebih lama daripada kalau beli dari olshop dengan harga normal.

Begitulah cerita album repackaged saya. Rilisnya juga baru 13 November nanti, haha. Masih lama. Tunguin ya, nanti kubikin postingan unboxingnya.

Foto Jaehwan dan Ong untuk preview album baru Nothing Without You yang dirilis hari ini. Aah bias-biasku πŸ˜€

Iklan

5 thoughts on “Ikutan Early PO Wanna One Repackaged Album

  1. aku pengen yang One versioon haha…
    btw, jadi ingat pas aku beli album I Got a Boy nya SNSD, karena pusing mau beli yg mana akhirnya aku pilih yang full member version, ternyata yang member version yang limited… nyesel ga beli yang Yuri atau taeyeon version

    Suka

  2. halo, mau bantu koreksi yaa. disebutin di atas kalo misal beli lewat masternim berarti albumnya bakal berkurang kehitungnya di toko online ataupun offline itu salah πŸ™‚ mereka tetep kehitung kok, nggk bakal berkurang. kan tetep sama2 belinya album yang official dan di toko official sesuai perjanjian pihak agensi masing2 artis kerjasamanya sm toko musik apa buat fansign. jadi walaupun beli di masternim, bakal tetep keitung di Gaon/Synnara atau yg lain sebagainya. jd nggk ngaruh sama menang kalahnya mereka di program musik di Korea karena semuanya bakal keitung. bedanya, karena masternim beli album kalo utk fansign itu bukan via pre order melainkan hrs pas uda rilis album, bakal ngaruhnya ky nggk dpt sesuatu yg first press, misal poster. karena poster ini biasanya cuma di cetak sesuai jumlah album yg di order sebelum perilisan (pre order) πŸ™‚

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.