Bukan Blogger Kalau Nggak Bisa Ngereview! (Kelas Blogger Bengkulu Ke-3)

Siang ini, aku menghadiri kelas Blogger Bengkulu ketiga yang diadakan di lantai tiga gedung Telkom Bengkulu. Itu loh, yang ada di Simpang Lima. Meskipun hampir setiap hari melewati gedung ini, baru hari ini aku bisa masuk ke aulanya diatas.

Alhamdulillah hari ini tidak terlambat datang. Sebagian besar peserta baru mengisi absen dan meletakkan laptop di meja masing-masing. Ya, semuanya bawa laptop karena hari ini selain kelas nge-blog, ada acara flash blogging diakhir acara.

Tidak makan banyak waktu, acara langsung dibuka oleh Bang Piter sebagai moderator dan dilanjutkan dengan sambutan dari ketua Blogger Bengkulu yaitu Mbak Milda. Selain kelas Bobe, nanti juga akan ada produk untuk di review, kata Mbak Milda.

Karena acaranya di telkom, hari ini spesial wifi-nya dari telkom. Langsung muncul nama wifi-nya Blogger. Wah spesial nih dari telkom untuk blogger bengkulu. Internet kencang sudah pasti kebutuhan setiap blogger kece kan ya 😀

22519547_10214974822953567_7749787269880538000_nMateri hari ini adalah “Cara Mudah Bikin Review Produk yang Menarik”. Wah, penting banget tuh. Untuk blogger, apalagi untuk aku yang kemarin masih bermasalah dengan tata cara mereview yang benar. Sudah pernah sih, tapi setiap membacanya selalu tidak puas. Seperti ada yang kurang.. Belum sekece tulisan blogger lain di Blogger Bengkulu.. Rasanya belum bisa “menjual” produk tersebut ke pembaca. Materi hari ini disampaikan Mbak Milda dan Mbak Ria, duo emak-emak blogger yang sudah banyak mereview dan memenangkan banyak lomba dalam ngeblog. Berguru kan harus dengan guru terbaik.

Mbak milda menyampaikan materi tentang Review Jasa. Seperti mereview aplikasi Traveloka, bimbingan belajar, dan lain-lain. Aku pribadi pernah menulis untuk suatu portal belanja online.  Pertama, bagaimana cara mencari inspirasinya. Mulai dari  mengenali nama produk (terkenal atau belum dll), cari testimoni dari teman-teman blogger yang sudah pernah membuat review tentang jasa tersebut. Mencari tahu tentang jasanya bisa dari googling, media massa, media elektronik dan brosur. Pokoknya sebagai reviewer harus jadi yang paling tahu! Jangan sampai jadi tulisan yang sepotong-potong dan membingungkan pembaca.

Cara mengulasnya, menurut Mbak Milda, harus memakai prinsip seorang reviewer.  Jujur, tidak mengawang-awang. Jangan lupa terapkan prinsip 5W+1H. Basic sekali tapi sering terlupa. Mulai dari What  (apa nama produk jasanya, apa yang ditawarkan, jasa apa saja, sifat jasa), Where (dimana produk jasa tersebut, lokasi store-nya dimana, wilayah kerjanya dan dimana untuk ordernya), When (kapan bisa diakses, kapan mulai ada/berdiri, kapan bisa diakses, apakah online atau offline store), Who (siapa yang punya, apakah seleb atau bukan, siapa yang menggunakan, siapa sasaran, siapa yang mengakses dan siapa yang sebaiknya menggunakan jasa tersebut), Why (alasan menggunakan, kelebihan dan kekurangan, sebab dibuat, mengapa baik menggunakan), dan terakhir How (Bagaimana mengakses, dan lain-lain).

P_20171022_143336.jpg

Mbak Milda sedang menyampaikan materi tentang review jasa di kelas Blogger Bengkulu ke-3

Menulis review sulit? Tidak juga. Asal banyak berlatih dan mengasah kemampuan pasti bisa.

Sesi selanjutnya dengan Mbak Ria. Tentang review produk. Sebenarnya hampir sama prinsipnya dengan review jasa, perbedaannya mungkin karena ada produk realnya. Mengulas produk menurutku lebih menyenangkan daripada jasa, karena terasa betul kebermanfaatannya ke kita. Mulai dari kenyang, jadi lebih cantik (pas review produk) dan lain-lain. Semoga kedepannya aku dapat banyak job mereview produk.. terutama makanan. Hehe.

P_20171022_144154.jpg

Mbak Ria sedang menyampaikan materi tentang review produk di kelas Blogger Bengkulu ke-3

Selesai sesi acara, para peserta langsung menulis tentang kelas hari ini. Langsung deh semuanya serius dengan laptopnya masing-masing. Bang Zepron yang tadi ketiduran (ups) juga langsung melek dan ngebut ngetik. Semoga menang yaa 😀

P_20171022_150527_BF.jpg

Semeja dengan abang-abang ganteng. Bang Zulya protes karena nggak masuk frame

 

Iklan

2 thoughts on “Bukan Blogger Kalau Nggak Bisa Ngereview! (Kelas Blogger Bengkulu Ke-3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.