Sifat yang Mudah Terpengaruh

Catatan kecil aja sih, tentang pengalaman KKN dan Skripsi yang kudapatkan beberapa minggu ini. Hasil pengamatan yang mungkin semua orang juga tahu, tapi lupa. Atau tidak merasa bahwa dirinya tidak setegar yang dia kira.

Kalau orang lain malas dan menggampangkan masalah, kita yang berada di kelompok tersebut apalagi bukan ketua tim, akan lebih mungkin ikut-ikutan pasrah dan menggampangkan masalah itu juga. Leadership itu penting, karena tidak semua orang bisa bikin inisiatif.

Kalau orang lain mulai menggunjing satu sama lainnya, hal kecil saja yang biasa disebut gosip, kemungkinan besar akan ikut-ikutan. Apalagi dalam suasana ngosong alias tidak ada pekerjaan berarti yang menyibukkan pikiran. Kalau sudah dimulai, rasanya seperti tidak pernah melihat diri sendiri melalui kaca. Hal-hal yang merugikan dirinya akan diungkit, dibicarakan, padahal mungkin, hal yang dilakukan orang itu adalah yang terbaik diantara mereka berdua.

Kalau kalian mulai merasa tergabung dalam dua kelompok diatas, banyak-banyaklah bicara dengan orang yang lebih tua. Yang sudah mengkotak-kotakkan masalah sehingga waktu luang yang tersisa digunakan sebaik mungkin. Percayalah bahwa tidur lebih baik daripada dua sifat diatas, meskipun sholat lebih baik dari tidur, ya maksudnya kalau lagi nggak jam sholat dan malas beribadah, coba tidur saja. Diam itu emas, ngaji itu berlian. Manfaatkan waktu sebaik mungkin.

Maghrib aey

 

Gambar terkait
Gambar dari komik golongan darah dari Park Dong Sun. Aku baca semua episodenya di webtoon dan punya 3 seri komik cetaknya. Sebagai orang dengan golongan darah B, disini kita digambarkan badass banget wkwk

 

Iklan

One thought on “Sifat yang Mudah Terpengaruh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s