KKN Enggano?

Hola gengs apa kabar. Seperti biasa, kalau sudah membuka laptop dengan tujuan akademik, pasti ujung-ujungnya buka blog kemudian malah menulis disini. Jangan tanya mengapa, pokoknya pengen saja terus menulis hal-hal yang tidak berhubungan dengan kuliah. Yah, begitulah.

Kali ini, aku ingin membahas tentang kegiatan akademik kampus yang (akan) kami hadapi. Yap, KKN. Kuliah Kerja Nyata. Yang singkatannya punya banyak penafsiran ala mahasiswa, Kuliah Kerja Ngosong lah, Kumpul Kumpul Nyata.. dan lain-lain. Program ini mungkin ada di banyak universitas, tapi ada juga yang sudah tidak ada. Di Unib sendiri, ada banyak jenis KKN yang ditawarkan. Yang paling bergengsi yang Internasional, ada juga KKN kebangsaan, KKN Enggano, KKN pesantren, KKN Revolusi Mental, KKN Merah putih dan pastinya ada yang rasa original, namanya KKN Reguler. Nama-namanya banyak, sampai membuat bingung para ibu-ibu dan bapak-bapak yang dulu kalau KKN ya KKN doang, nggak ada yang ini itu.. hehe

Beda nama beda juga tujuan yang akan dicapai. Beda tugasnya, beda juga tunjangannya.. hehe. Kalau yang ini aku tidak bisa bahas banyak, karena yang tahu cuma yang ikut program itu, dan aku tidak punya teman untuk ditanyai. Yang jelas, ada temanku yang salah kirim gambar uang dan kata-kata “dana udah cair..” ke grup KKN reguler fkik… Yang tentu saja membuat iri karena pada program kami tidak ada tanda-tanda pendanaan alias dari kantong sendiri.

1497923574066.jpg
Mahasiswa KKN FKIK Kecamatan Teluk Segara

Nah, untuk anak FKIK, KKNnya program yang mana? Mestinya yang reguler.. KKNnya permahasiswa dipisah-kemudian digabungkan dengan anak-anak dari fakultas lain. Ingat itu mestinya, soalnya anak-anak angkatan atas yang ikut KKN pada semester genap semuanya seperti itu. Tapi karena ada beberapa pertimbangan perbedaan jadwal dan aktivitas akademik, serta beberapa alasan lainnya dari kampus KKN angkatan kami dibedakan dengan fakultas lain.. KKNnya di Kota Bengkulu selama sebulan, kemudian sebulannya lagi di pulau Enggano..

Gambar terkait
Itu yang dikotakin, itu lokasi Pulau Enggano yang bisa ditempuh dengan kapal laut (kurang lebih 12 jam) atau pesawat (60 menit)

Gambar terkait

Gambar terkait

Menarik dan luar biasa kan?

Kabar ini disambut dengan banyak kekhawatiran dan keluhan dimana-mana. Apalagi dari orang tua, keluarga dekat yang menyangsikan keamanan dan baaaaaaaanyak hal lainnya. Aku pribadi, sebenarnya ingin menerima dengan lapang dada penempatan dimanapun, namun karena banyak “kecemasan” tadi jadi agak dag dig dug juga. Bagaimanapun kami masih mahasiswa, yang kalau dilihat di SKDI belum bisa ngapa-ngapain. Kompetensi yang masih rendah.. Skill dan pengetahuan yang tidak seberapa..

Tapi, meskipun ditengah kekhawatiran tersebut, banyak juga teman yang ambil positifnya. Kalau nggak pas KKN, kapan lagi.. Sekalian liburan juga.. lautnya bagus.. sehingga akupun mau tak mau jadi tenang juga. Ah, setidaknya kan bareng teman-teman, jadi tidak akan semenyeramkan itu. Bagian-bagian yang seram pun, nanti bisa kukumpulkan datanya menjadi satu dan dijadikan bahan buat nulis novel lagi… hehe. Gabungan antara wisata Bengkulu (kayak novel D Ryan’o) dan juga pulau misterius (Magic Writing School) justru bagus kan kalau bisa merasakan hidup dipulau terpencil sebelum menuliskannya?

..

Belum ada kepastian untuk kelanjutannya KKN ke Enggano bagaimana. Sekarang, kami sedang mencoba menuntaskan KKN di Kota Bengkulu (ini juga lagi bikin power point buat lokakarya besok) dengan segenap yang kami miliki. Semoga seterusnya kami yang KKN ini diberi pengarahan lebih lanjut (maunya sih dari dosen kampus sendiri supaya KKNnya bisa sesuai pendalaman profesi dan karena satu kelompok full anak kedokteran) juga ada banyak kemudahan dikemudian hari.

Semangat KKN!


Oh iya, mohon maaf lahir dan bathin semuanya. Semoga salah kata dalam penulisan ataupun opini yang saya tulis disini membuat tersinggung/marah, tolong dimaafkan 😀

Iklan

2 thoughts on “KKN Enggano?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s