HEMATO-ONKO TERROR

Hai hai, ini adalah #TERRORTHESERIES terakhir untuk semester 6, terakhir juga untuk modul besar. Sekalian nih, mau pamitan vakum nulis blog yah šŸ˜€

Diceritakan dulu ya, modul kali ini tentang apa, nanti baru alasannya dibawah šŸ˜€

Jadi, modul Hematologi Onkologi itu membahas tentang ‘ilmu yang mempelajari darah’ dan ‘ilmu yang mempelajari kanker’. Gabungan, karena hampir sebelas dabelas lah. Yang satu fisiologisnya, yang datu patologisnya. Mirip-mirip dengan Infeksi-Imunologi lalu pengertiannya.

Hematologi membahas lebih dalam mengenai komponen darah. Darimana pembentukannya, sirkulasinya, sampai penguraiannya. Meskipun pengetahuan dasar seperti asal-usul selnya neutrofil-basofil-eosinofil-monosit itu ternyata berbeda dengan limfosit padahal salma-sama sel darah putih, atau eritrosit hidupnya cuma 120 hari, pembahasannya lebih masuk lagi kedalamnya sampai komponen terkecil. Eritrosit > ada rantai heme dan globin > si rantai punya komponen alfa dan beta.. dsb. Juga, dibahas soal kelainan si sel-sel darah tadi kayak anemia, leukimia, hehe

Onkologi, baru dibahas dua hari terakhir ini hehe. Sudah sih dengan dokter PA di modul-modul sebelumnya, tapi baru ketahuan rumitnya hari ini, wkwk. Ada slide tentang kanker yang dibahas mendalam, dari definisi sampai screening dan prognosisnya. So long. Dan aku juga akhirnya paham kenapa di Bengkulu belum punya satupun dokter yang spesialisasi di onkologi. Lah iya kuliahnya susah, terus kalau disini juga pemeriksaannya belum adekuat. Padahal kasus ya lumayan banyak. Miris kan kalau terdiagnosis mesti jauh-jauh bolak-balik ke Jakarta atau Palembang šŸ˜„

Perasaannya setelah ikut modul ini selama 4 minggu? Pertama banyak liburnya, haha. Libur-libur tanggung yang cuma sehari kayak di minggu pertama ada di senin, minggu kedua ada di kamis, minggu ketiga ada di senin dan selasa (SBMPTN), minggu keempat ada di hari kamis (besok, wkwk) sehingga jadwal dibuat padat merayap sampai Sabtupun tak pernah absen kuliah yang re-schedule hihi. Jadi kacau balau urutan KKD dan DK yang biasanya teratur cantik senin-rabu dk, selasa-kamis kkd, jadi hm… kapan sempatnya ya? Haha

IMG_20170514_200317_127
PENAT, malah lukis wajah wkwk

Kedua, ga fokus. Selain karena libur memakan banyak waktu yang percuma, aku juga sibuk wara wiri kesana kemari buat bimbingan skripsi di minggu pertama dan kedua. Sayangnya pas minggu ketiga dan keempat dimana seharusnya aku sudah bisa memberikan prognosis yang baik, malah melewatkan kesempatan dan akhirnya belum kelar juga skripsinya.. huhu šŸ˜¦

Ketiga, ah banyak banget mau di list satu-satu wkwk. Nano-nano. Modul memang terakhir tapi masa depannya bukan liburan, tapi OSCE, kemudian KKN. Nih KKN juga belum jelas. Sepertinya sih jadi nih BEYOND jalan-jalan ke pulau Enggano, hehe. Ujian hemato juga pas lagi puasa, ga tau lah gimana nanti ibadahnya. Apa seperti tahun lalu atau bisa lebih baik? Hm.

Udah ini aja. Modul hemato karena seringnya dari pagi sampai sore, malamnya cuma kuat buat ngeprint bahan doang. Kalaupun mau nulis LTM pasti cuma sempat baca doang. Hebat deh teman-temanku yang tahan bagi waktu malamnya untuk review slide sekaligus ngerjain revisian skripsi. Malah udah ada yang maju proposal, yaitu Uci!! Yey semoga aku yang absen satu nomor dibawahnya bisa cepat nyusul juga aamiin.

DK juga akhirnya sudah selesai. Kali ini nggak ada Imam atau Pusan, tapi Intan dan Uci. Di kelompok ini juga banyak kakak tingkatnya, membuatku merasa agak awkward karena tak pede. Tapi ternyata kakak-dan abang baik-baik semua. Lama-lama jadi kompak, meskipun ada misskomunikasi alhamdulillah lancar-lancar aja. Vibenya sama kali, hehe.

1495634177401.jpg
Tau kan, saya yang mana? Itu yang jadi model jam tangan hehe

Begitu aja deh hemato. Asik sih, tapi ku tak mau mengulang. Mudah-mudahan ujiannya juga bisa mulus semua deh satu angkatan.

Menuju OSCE dan KKN yang tak terbayangkan!!

Oh ya, saya pamit vakumnya karena dua hal yang disebutkan barusan dan buat ngelarin skripsi yah. Nanti ketika saya sudah punya lebih banyak pengalaman untuk dibagi, barulah saya kembali menulis~

Sampai jumpa! ^ , ^

Iklan

4 thoughts on “HEMATO-ONKO TERROR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s