HEMATO-ONKO TERROR

Hai hai, ini adalah #TERRORTHESERIES terakhir untuk semester 6, terakhir juga untuk modul besar. Sekalian nih, mau pamitan vakum nulis blog yah 😀

Diceritakan dulu ya, modul kali ini tentang apa, nanti baru alasannya dibawah 😀

Jadi, modul Hematologi Onkologi itu membahas tentang ‘ilmu yang mempelajari darah’ dan ‘ilmu yang mempelajari kanker’. Gabungan, karena hampir sebelas dabelas lah. Yang satu fisiologisnya, yang datu patologisnya. Mirip-mirip dengan Infeksi-Imunologi lalu pengertiannya.

Hematologi membahas lebih dalam mengenai komponen darah. Darimana pembentukannya, sirkulasinya, sampai penguraiannya. Meskipun pengetahuan dasar seperti asal-usul selnya neutrofil-basofil-eosinofil-monosit itu ternyata berbeda dengan limfosit padahal salma-sama sel darah putih, atau eritrosit hidupnya cuma 120 hari, pembahasannya lebih masuk lagi kedalamnya sampai komponen terkecil. Eritrosit > ada rantai heme dan globin > si rantai punya komponen alfa dan beta.. dsb. Juga, dibahas soal kelainan si sel-sel darah tadi kayak anemia, leukimia, heheRead More »

Selasa Pagi

Hari ini aku bangun dengan keadaan lelah. Lelah sekali tadi malam mengejar menulis logbook dan laporan, dicicil supaya besok tidak terlalu padat. Tapi itu salah, mestinya aku mencicil edit skripsi. Karena besok mau bimbingan. Setelah berkali-kali alarm berbunyi kumatikan, aku baru bangun jam 6 lewat 40 menit. Tiap kali ngesnooze alarm, aku bilang pada diriku sendiri, ah, tinggal sms dokternya aja minta maaf, nggak jadi. Printer rusak. Ini.. itu…

Bangun dengan terburu-buru, aku bahkan tidak sempat melancarkan sms “memelas”ku tadi. Mandi terburu-buru, kemudian langsung mengemas peralatan tempur skripsi yang sudah kupersiapkan tadi malam. Dengan bawaan seabrek, tak lupa kubawa sarapan agar tidak mati karena kehabisan energi. Sialnya, air yang kubawa tumpah kemana-mana, malah menyiram map skripsiku. Karena kesal kujatuhkan saja minumnya, kubiarkan tumpah didepan kamarku.

Kemudian dimobil, aku benci sekali dengar mama tertawa karena melihat anak tetangga yang lucu. Kupakai jilbab dengan makian dalam hati, tampang acak kadul banget. Dalam perjalanan sampai ke simpang skip kuisi dengan pikiran buruk. Kenapa semuanya datang bertubi-tubi, skripsi, KKN, ujian modul, OSCE… Apa boleh aku berhenti sejenak untuk mengambil nafas, istirahat bahkan cuma buat nonton Niko atau nulis blog seperti biasa.Read More »

Peserta Favoritku di Produce101 Season 2

Aku suka banget sama reality show yang survival. Yang mana aja pokoknya yang pesertanya terlihat menderita :v, atau setidaknya punya kesempatan untuk dinotis kerja kerasnya. Setelah diperkenalkan dengan member IOI Februari lalu oleh Caca, dengan lagu-lagu mereka yang asik-asik seperi Very-Very-Very, Whatta-Man, trus ada lagu PICK ME, apa boleh buat akhirnya aku nonton produce 101 season 1 haha.

Yang mau nonton juga kusarankan di kshow123.net 😀 Ada subtitle bahasa inggrisnya kok

produce-101.jpg
Rame ya? 101 orang sih pesertanya!
0.jpg
Lagu pick me di mnet

Kalau tidak salah ada 11 episode. Para gadis yang berjumlah 101 orang ini merupakan para trainee dari agensi-agensi di Korea Selatan. Ada juga yang individual training sih alias ga dari perusahaan. Untuk membuatnya fair, 2 perusahaan paling terkenal, SMent dan YG tidak mengirim trainee mereka, tapi JYP mengirim satu, yaitu So-Mi (cewek multitalent yang ga lolos di acara Sixteen JYP untuk debut sebagai girlband Twice).Read More »

Imun Terror

Hai hai, balik lagi di Terrortheseries.

Sebagian tulisan awal ditulis di awal modul, sedangkan pas melanjutkannya sekarang, itu sudah akhir minggu ke 6 modul, malah seharusnya sudah modul baru, yaitu Hemato-Onkologi. Libur sih. Akhirnya libur sehari T.T. Selamat hari buruh internasional!

Sekarang, aku lagi di modul Infeksi dan Imunologi. Modul kedua terakhir yang 6 sks. Atau modul kedua di semester 6. Di FKIK UNIB yang sistemnya modul (bukan blok seperti kebanyakan kampus lain di Indonesia), dari awal semester 2 modulnya sudah 6 sks semua, dan berjalan sampai semester 6. Artinya tinggal satu modul lagi nanti, modul Hemato-onkologi, lalu semester 7-nya diisi dengan modul pendek dengan 2 sks. Ngomongin sks ini juga mungkin akan beda penyebutannya dengan sistem fakultas lain. Mungkin akan kujelaskan lain kali.

Kalau mau kepo jadwalnya bisa disini.

16468.jpg

Baca terrortheseries lainnya disini

Muskuloskeletal | Gastrointestinal | Renal | Kardio | Respirasi | Metabolik Endokrin  | Reproduksi | Syaraf Jiwa | PenginderaanRead More »