Penginderaan Terror

Halo, kembali lagi dengan Terror The Series, serial tentang modul-modul kurikulum kedokteran yang rasanya tidak ada habisnya. Modul ke 20 yang kujalani di FKIK UNIB. Belum kelihatan ujungnya, meskipun tahun depan mestinya sudah selesai pendidikan S1-nya, haha.

Kali ini modulnya berjudul Penginderaan. Special Senses. Hayo bisa sebutkan 5 indera P_20170223_175037_BF.jpgmanusia? Ya, kulit, lidah, mata, telinga dan hidung. Tidak termasuk indera keenam karena disini bukan sekolah paranormal, haha. Meskipun ada 5, tapi yang dibahas cuma 3, yaitu telinga, hidung dan.. tenggorokan no, mata. Belajar THT? Ya, tapi penjelasan lebih jelas untuk salah satu organ bantu pernapasan itu sudah dibahas di paketnya sendiri-Respirasi (baca juga:Respirasi Terror), lidah juga hanya dibahas sedikit disini, karena fungsinya yang lain selain pengecapan sudah dibahas di paket modul pencernaan (baca juga: Gastrointestinal Terror). Kulit, sebagai organ terluas di tubuh manusia juga sudah dibahas di semester 3. Tapi tidak ada Kulit Terror, hehe, soalnya Terror The Series vol.1nya mulai di Muskuloskeletal Terror.

Modulnya susah-susah-susah. Susah karena mekanismenya banyak, butuh banyak waktu buat menghapal. Pada awalnya kupikir pasti banyak yang sama dengan pelajaran biologi SMA. Tapi rupanya yang dijelaskan berkembang jadi banyak slide. Padahal penyakitnya yang dibahas umum ditemui, seperti Rhinitis (batuk pilek), katarak, dll. Susah karena jadwalnya padat, setelah kuliah ini lanjut ini, lalu praktikum itu. Susah karena emosiku dimodul ini naik turun, gila-gilaan.

Pas nulis draft yang diatas, kondisinya lagi down. Sekarang lagi happy banget. Soalnya sekarang (jam 17.57 hari kamis 23.02.17) lagi ngumpul dengan teman-teman FI-MADINA di sekre yang udah jadi rumah sendiri. Kalau dulu sekre (sekretariat) FI-MADINA  yang dipindahkan (awalnya lantai 2) ke lantai 3 rasanya pengap dan panas. Berdebu dan sepi. Kalau sekarang sudah terang, nyaman dan dingin *terwujud juga beli kipas angin! 😀

P_20170223_173643_BF.jpg
Trio akhwat 2014

Balik lagi ke penginderaan, modul ini adalah modul TERAKHIR ANATOMI! Yeiy! Haha. Aamin, mudah-mudahan. Kalau tidak ada mengulang modul, penginderaan ini the last buat anatomi. Jadi ini buku lapraknya kufoto sebelum dikumpul~

P_20170215_192417.jpg

P_20170215_192506.jpg

P_20170215_192332.jpg

P_20170215_192342.jpg

Oh iya, saat aku melanjutkan tulisan ini, sekarang sudah hari kedua minggu keempat. Ya ampun tinggal 6 hari lagi ujian! OMO. Slide kuliah banyak yang belum kubaca, parahnya lagi slide-slide tersebut memang pure belum kuketahui isinya. Keseringan ngantuk sih dikelas, jadi ga begitu menyimak.

Ada banyak kuliah di Penginderaan, dan hal tersebut berbanding lurus dengan praktikumnya. Pokoknya beberapa hari kedepan sepertinya aku akan vakum untuk update blog dan media sosial deh.

Untuk modul ini, diskusi kelompokku difasilitatori oleh dr. Lala, yang juga ketua modul di penginderaan. What a honor. Tapi aku takut mengecewakan beliau dengan hasil sumatify yang tidak seberapa,mengingat nilai formatifku amat pas-pasan. Semoga saja aku bisa mengejar ketertinggalan..

1488263001555.jpg
Ngerayain ultah dr.Lala setelah diskusi kelompok..

Yah, beberapa minggu kebelakang aku memang agak sok sibuk (plus menggalau), beberapa acara diantaranya…

wp-image-2141581604jpg.jpeg
Kopdar blogger bengkulu ke-7
1487600891577.JPEG
Bulan pertama jadi sekretaris BPN ISMKI. Kabinet Lumiere ayo berjuang!
P_20170217_164039.jpg
Ngetes bioskop baru di bengkulu bareng teman-teman
P_20170225_204526_BF.jpg
Nonton teaternya rizki di taman budaya
P_20170223_181556.jpg
Rapat awal semester fimadina

Yah gitu deh cerita penginderaan. Pamit tidur dulu! Semoga minggu ke-5 lancar! Aamiin 😀

 

 

Iklan

One thought on “Penginderaan Terror

  1. indra birowo suka ngelawak kalo dulu di siaran tv dengan judul extravaganza 😀 tapi aku sih yakin soal ujian tentang indra birowo gak akan keluar.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s