Renovasi Blog Part 4 + Kampung Api

2 ujian lagi sob! Praktikum mikrobiologi dan parasit untuk besok, dan SUMATIF 2 untuk Jumat. Asik. Kalau tidak ada remedial, berarti tahun baruan nanti sudah lepas dari semester 5! Uyeah!!

Berkaitan dengan waktu libur terakhir (karena semester-semester berikutnya mungkin sudah sibuk sekali, akhir semester 6 KKN, semester 7 persiapan masuk klinik (kalau lancar, hehe), lulus kemudian koas (AAMIIN) di rumah sakit), aku pengen banget menyelesaikan urus-mengurus blog sehingga nyaman untuk dijadiin sarang tulisanku. Mulai dari urusan domain (yang sampai sekarang tidak juga berubah, padahal sudah beli tapi ga bisa buat wordpress katanya *pyar!), template blog yang makin lama dipandang makin membosankan, tautan yang bermasalah, sampai isian konten yang belum juga jelas kategori dan tagnya :(.

Maka dari itu, hari sabtu nanti settingannya akan kuganti total. Mungkin akan ada postingan yang dihapus, diganti, diperbaiki. Mungkin juga akan ada gebrakan baru buat 2017 nanti.

Padahal aku sendirinya suka ngedesain, masuk organisasi di kampus, masuknya ke departemen syiar lah, KIK lah, eksternal lah, semua yang berhubungan dengan humas dan desain. Tapi nyatanya di blog-ku sendiri belum pernah terganti gambar asing comot dari google.

cropped-cropped-rewalls-com_57719

Oh iya, karyaku yang diterbitkan nambah satu lho 😀

P_20161228_142026_p.jpg

Kumpulan cerpen, judulnya ‘Kampung Api’. Sebuah kumpulan cerpen dari para peserta lomba cerpen yang diselenggarakan oleh Hima Bahtra Bahasa Universitas Bengkulu tahun 2015. So last year sih, dan mengingatkanku bahwa kali itu pertama kalinya Rizki menang dariku. Dia juara dua, sementara aku cuma dapat kesalnya saja (baca Behind the Scene cerita ini disini). Kesel nggak juara, kesel juga karena ketidakjelasan panitianya waktu itu, haha.

Pun untuk kumpulan cerpen ini, aku tidak dikasih tau secara langsung bahwa karyaku akan naik cetak. Yah, aku paham sih setiap naskah terbit menjadi milik panitia. Tapi ya bilang kek, atau apalah ya di kasih tau di page facebook lombanya, atau, di page universitas. Mana tau penulisnya mau beli kan ya? Meskipun nggak dikasih gratis kalau ada tulisanku, kan bangga juga rasanya 😀

Aku tahunya, pas waktu iseng-iseng liat postingan mbak Milda Ini tentang pelatihan menulis cerpen untuk mahasiswa yang diadakan Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu. Aku waktu itu tidak ikut, karena nggak daftar ulang :P. Jadi akhirnya aku melihat dengan iri postingan para peserta di Instagram. Salah satunya panitia dari lomba tahun lalu. Aku lihat ada foto cover kumpulan cerpen Kampung Api. Dilihat-lihat, ada judul cerpen Rizki, ‘Bom 9 Nyawa’ (dari judulnya aja unik, aku sampai inggak pernah lupa). Wah, diterbitkan! pikirku. Eh pas dilihat lebih teliti, ada pula cuplikan cerpenku, ‘Langit Biru’

Screenshot_2016-12-28-15-23-19.jpg

Lalu aku ikutan komentar dibawahnya, “Wah ini baru terbit? Bisa dibeli dimana? Kok saya nggak tau cerpennya mau dijadiin buku :P”

Sayangnya hanya dibalas begini sama empunya akun;

“Iya. Silahkan pesan dl ya, itu ad kontaknya. Budayakan baca dulu”

Dari 3 pertanyaan hanya dijawab satu. Haha. Aku baca, tapi lebih pengen tau jawaban pertanyaan terakhir, haha.

Dan, singkat kata ternyata diterbitkan dengan judul Kampung Api. Kumpulan Cerita Pendek Bulan Bahasa 2015 oleh Pendidikan Bahasa Jurusan Bahasa dan Seni FKIP Universitas Bengkulu. Ada cerpen Rizki juga, dan cerpen dosen-dosen FKIP (wow ternyata kemarinpun bersaing dengan dosen?). Pada sekapur sirih aku tersenyum-senyum kecil melihat potongan cerpenku ikut dibahas;

Kita tertawa sendiri memandang satu kebenaran. Kecongkak-an ini tidak membuat sedih, kita lebih kepada geram, marah kepada diri sendiri. Adakah yang perlu dilanjutkan selain berpikir dan merenungi bagaimana cara mengubah nasib, saya rasa ini permintaan Langit Biru”.

Oh iya, sebelum buku ini dicetak, saya sudah mengabadikannya jadi postingan blog yang bisa baca disini pada 10 Oktober tahun lalu. Bagi yang ingin membaca silahkan kesana, supaya bisa berbagi rasa dan ikut berpendapat, bagaimana anda menginterpretasikannya.

P_20161228_142109_1_p.jpg
Fira : Langit Biru
Jpeg
Rizki : Bom 9 Nyawa

Lebih bagus lagi kalau bisa beli. Bisa dipesan dengan menghubungi kontak ini ->line adellwizvalentina (0857-8325-9128)

Akhir kata, saya sebenarnya mau protes lantaran di biodata penulis hanya ditulis singkat sekali, hanya 3 kalimat. Fira Firdaus : nama pena dari Marghfira Awal Fitri. Meskipun status mahasiswa kedokteran universitas Bengkulu, kecintaan kepada dunia literasi tetap menjadi agenda keseharian yang wajib ditekuni. Dapat dihubungi di Firaaksel7@gmail.com. Begitu saja 😦 Mungkin karena biodata penulis yang kulampirkan saat lomba hanyalah biodata biasa yang kuprint ulang dari template default tahun 2014 :D. Sementara itu, penulis lain bisa berbagi keprofesionalannya dalam menulis dengan melampirkan karya yang telah diterbitkan atau juara-juara yang telah mereka raih.

Introspeksi diriku sendiri. Seperti ketika Bulan Sabit Kedelapan lalu, bagian penulis juga tidak memuaskan. Salah sendiri aku tidak pernah percaya diri mem-branding nilai profesionalku. Tidak pernah promosi sana sini karena takut dan malu. Ini adalah pukulan keras untukku yang perlu diperbaiki tahun depan. Supaya titel ‘Penulis’ itu bukan cuma sekedar masa lalu, dan bukan sekedar menulis di blog (yang mau direnovasi ini).

Daah!

*Doakan nilai ujian saya baik dan dapat A ya, hehe.

Lagi modul : Syaraf Jiwa. (Baca juga: Sarji Terror)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

