Dukung Kami Di SRF FK USU 2017!

Halo!

Pada bulan Desember ini, aku, Panji dan Nadia dari FKIK UNIB angkatan 2014 dan 2015, berkolaborasi dalam mengumpulkan ide dan gagasan untuk membuat poster yang akan kami ikut sertakan dalam lomba Scripta Research Festival Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara 2017.

Meskipun ini yang ketiga kalinya berkolaborasi dengan Panji (dua lainnya yaitu DSM FKG UI dan Spora FK UNSRI), rasanya amat berbeda dengan adanya Nadia di tim kami! Duta Kesehatan ISMKI Wilayah 1 ini kugandeng karena pengalamannya dengan data-datanya tentang pertembakauan dan berbagai efeknya bagi Indonesia. Karenanya juga, poster-poster kami kaya data dan materi (sampai akhirnya bingung mau masukin materi yang mana :D).

Poster publik kami bertajuk “Benarkah Merokok Membuatmu Sakit?”

*posternya tidak diposting disini ya. Kalau penasaran segera cek di instagram @srffkusu ya!

Kenapa judulnya begitu? Temanya apa?

Temanya tahun ini RESPIRASI. Awal idenya berasal dari satu kata, ROKOK. Kemudian dari satu kata itu kami mencari data dan sumber yang relevan. Oh, banyak sekali penyakit yang bisa diangkat. Awan saja tahu. Mulai dari kanker paru-paru, impoten, PPOK, dan segala macam panyakit lain yang bisa ditemukan ditiap poster rokok sebagai “Peringatan yang Tak Pernah Dianggap”.

160101_biru.jpg
Sumber
22. Rokok menyebabkan kanker.JPG
Sumber

Dari sana, berpikir. Apa saja sih yang dipikirkan perokok sehingga tetap kukuh merokok? Dari berbagai alasan yang muncul, salah satunya adalah, pemikiran bahwa “merokok tetap merokok, saya tetap sakit kok.”

Satu lagi yang dikatakan Nadia, “mereka tuh berpikirnya kak, mati karena rokok itu dengan mati karena kejadian lainnya itu sama aja. Kalau rokok memperpendek umur mereka, toh tidak merokok juga ajal pasti datang.”

Begitu.

Padahal, rokok bisa memperburuk kualitas hidup. Dari sampel yang paling kecil saja, bibir yang menghitam akibat nikotin, kemudian dilanjutkan gigi yang tanggal akibat terlalu lama terpapar zat berbahaya. Mati tidak, tapi sepanjang sisa umurmu harus makan dengan gigi palsu, mana enaknya?

Karena itu, dalam poster kami kali ini, kami berfokus pada penyajian data mengenai perbaikan kualitas hidup pada mereka yang memilih untuk berhenti. Apa saja yang kamu dapat? Kurang lebih seperti itu. Sasarannya terutama bagi remaja, yang baru coba-coba. Berhenti sekarang dan kamu tidak perlu merasakan tidak enaknya makan dengan gigi palsu, atau tidak enaknya terbaring menanti ajal karena kanker paru.

Karena yang namanya poster publik itu untuk publik, maka salah satu penilaian yang diperlukan untuk memenangkan perlombaan ini adalah vote dari masyarakat luas. Kamu juga bisa membantu kami menjadi finalis dengan memberikan like di akun instagram @srffkusu. Dengan itu saja, kalian bisa berpartisipasi untuk membantu kami maju dan mempresentasikan karya kami di hadapan para juri!

Caranya, buka instagram, cari @srffkusu. Akunnya di private, jadi mohon bersabar sekitar 5-15 menit untuk menunggu persetujuan. Tidak lama kok.

aaaaa

Kemudian cari karya kami. Nomor 38 atas namanya si Panji. Like.

aaaaaaa

Terima kasih sudah vote!

Kalau punya akun lain, bisa bantu kami untuk beri like sebanyak-banyaknya!

Salam dari kami bertiga, Fira-Panji-Nadia.

Mohon doa dan dukungannya ya! šŸ˜€

Iklan

4 thoughts on “Dukung Kami Di SRF FK USU 2017!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s