Tas Cantik Buatan Sendiri

Malam ini, mama masuk kamarku sambil bawa tas pink,

“Segini aja jadinya ya kak~”

Akhirnya proyek libur jadi juga. Tas baru buat menggantikan si hitam yang sudah hampir jebol bagian bawahnya. Meskipun aku pengennya tas backpack dengan logo anime favorit-beli di olshop, tapi dengan duit cekak begini bikin tas sendiri ternyata asyik juga.

Jpeg

Semuanya berawal dari workshop tas yang mama ikuti di Jakarta beberapa minggu lalu. Pulang dari sana, mama bawa tas baru bikinannya sendiri. Aku bukan tipe cewek dengan tas jinjing, tapi mengenakan sesuatu yang dibuat dengan keringat sendiri pasti rasanya bakal beda. Tidak ingin workshop lalu sia-sia, Mama mulai mengumpulkan alat-alat craftingnya dari ruko dan menyusun ruang kerjanya sendiri di ruang tengah. Katun-katun jepang yang dulunya cuma dicita-citakan jadi rok atau baju sekarang dipilah-pilah buat bikin tas 😀

Gara-gara ngeliatin terus, lama-lama kepingin ngerecoki juga. Tapi sama Mama belum diizinkan menyentuh mesin jahit, jadilah aku yang libur disuruh menggambar dan menggunting pola di kain dasar putih (lupa sebutannya apa). Baru kemudian setelah kuungkapkan pengen bikin tas sendiri dan bilang ke Mama kalau teman kampus ada yang mau pesan tapi ukurannya agak besarin lagi, Mama menyuruhku untuk pilih bahan dan menggunting polanya sendiri. Yey!

Jpeg
mama’s corner

Susah juga memadukan warnanya. Dan aku baru berpikir “ini pink” setelah barangnya jadi, wkwk. Aku tidak begitu suka pink, tapi karena pola kucingnya lucu, aku pilih warna itu. Motif lainnya bunga-bunga. Ada sih yang kekinian, tapi kurasa lebih bagus kainnya buat tas jualan Mama saja, hehe. (Katanya sih mau mulai posting jualannya setelah dibuat 5 tas. Jadi langsung keluarin katalog pertama #ciah).

Polanya sudah, bahannya sudah. Mama kemudian mulai menginstruksikan aku untuk memotong-motong bahan sesuai pola dan menyetrikanya. Jadi kainnya agak lebih tebal, karena kain putih tadi akan menempel dengan kain berwarna. Setelah jadi, barulah urusan jahit menjahit dimulai.

Pada awal pembuatan, aku sama sekali tidak tahu menahu cara mengoperasikan mesin jahit Mama. Kalau yang tradisional sih bisa, tapi kalau yang modern kayak gini mana tauu XD (taunya kalau Mama lagi pusing mesinnya ngadat, minta tolong dicarikan solusi sama google) Tapi setelah Sabtu lalu pelatihan bikin pouch di Ruko Sahabat Course, akhirnya tau bagaimana memasang benang, menjalankan mesinnya, ganti benang dan ngisi sekoci. Gara-gara itu, aku mengajukan diri untuk menjahit sendiri rangkanya ke Mama. Dan dibolehin. Ya udah weeerrrrr *suara mesin jahit

Satu persatu step buat bikin rangka dalam, luar, bagian sampingnya sudah terlewati. Tinggal akhirnya memasang resleting, menyatukan bagian dalam, pasang tali dan finishing. Untuk yang ini aku mesti angkat tangan, karena pengerjaannya yang lebih rumit dan butuh waktu buat ngajarinnya (bukan otodidak kayak kemarin). Sayangnya, saat Mama mau ngelanjutinnya, mesinnya ngadat. Jadilah tasnya tidak bisa kugunakan dari awal modul baru (tunggu Sarji Terror beberapa minggu lagi 🙂 )

Dan akhirnya, selesai juga tasnya! Besok sudah bisa dipakai! Mudah-mudahan tidak ada yang bilang “tas jeng-kelin” karena ukurannya yang agak lebih besar dari tas jinjing produksi mama dan warnanya yang ngejreng dan agak sedikit nggak nyambung. Sekarang ini dulu, berikutnya bikin backpack atau baju!!

Jpeg
Ganti baju kuliah malam-malam cuma buat foto 😀

*ada-ada aja alasan fira nggak ngerjain LTM. malah nulis sepanjang ini. Auk ah 😀

**ngelesnya selalu begini : “aku sadar tidak bisa menggantungkan pendapatan dari titelku nanti, makanya dari sekarang aku juga belajar untuk menggunakan bakat dan passionku; dalam hal ini menulis dan menjahit.” hehe

Iklan

20 thoughts on “Tas Cantik Buatan Sendiri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s