Apa Itu Pilates? [Introducing: Blogilates]

Ini nama olahraga. Tidak mirip poco-poco, lebih ke yoga 😀

Saya kenal pilates dari youtube, channelnya Casey Ho yaitu Blogilates. Youtuber ini orangnya energik dan inspiratif. Isi channelnya tidak melulu soal olahraga, tapi juga vlog inspiratif tentang dia yang punya bentuk tubuh yang cendrung kotak-dan sulit dibentuk. Impiannya untuk menjadi seorang ratu kecantikan (seperti yang juga diidamkan oleh jutaan wanita di dunia) membuatnya “menyiksa” diri dengan olahraga yang begitu ketat dan diet ketat. Yang paling menyedihkan adalah, setelah kontes tersebut, ketika ia memakan cheese cake kesukaannya, yang dirasakan di perutnya hanyalah sakit.

Setelah pengalaman tersebut, dia mulai mengubah gaya hidupnya dan memulai lagi olahraga yang tidak menyiksa. Pilates adalah olahraga yang dipilihnya kemudian. Pilates merupakan fitness fisik yang dikembangkan oleh Joseph Pilates pada awal abad 20-an. Metodenya lebih seperti seni dengan gerakan yang terkontrol. Jika dipraktekkan secara konsisten, pilates dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, kontrol, dan ketahanan bagi seluruh tubuh. Ada 6 prinsip penting dari pilates, yaitu pernapasan, konsentrasi, kontrol, pemusatan, ketepatan, dan pengaliran.

 

Oleh Casey, pilates dibuat menjadi lebih menyenangkan dan dapat dipraktekkan sendiri. Dengan menonton videonya di youtube secara gratis, kalian juga bisa melakukan olahraga tanpa peralatan ini. Instruksinya berbahasa inggris, tapi bisa dilakukan dengan meniru posenya juga. Yang paling penting adalah pernafasan, karena dalam beberapa video yang ekstrem kadang-kadang sampai ngos-ngosan, haha. Cukup menyenangkan untuk dilakukan sendiri dirumah, juga jika dilakukan bersama-sama teman.

Jika mengakses blognya > http://www.blogilates.com/ kalian juga bisa mengakses kalender olahraga selama sebulan. Apakah mau mulai sebagai newbie alias beginner dulu, atau langsung mencoba tantangan? Bisa!

beginners-2b-1.png

Nov-2016-Final-min.jpg

Tujuannya tentu saja agar kita tetap konsisten menjaga bentuk tubuh. Tenang saja, satu video biasanya berdurasi 5-15 menit (kecuali pop pilates for beginner yang 30 menit :D). Kalendernya didesain amat cantik, eye catching banget, high resolution pula! Supaya kita bersemangat untuk mencentangnya satu-satu. Gratis? Iya! Cuma bayar kuota internet aja. Tapi, video di youtube kan bisa di save offline guys! Asik kan 😀

Fira pribadi juga suka olahraga ini. Sebagai orang yang zok sibuk 😛 dan tidak punya waktu untuk sekedar jogging diluar, tinggal mengingatkan diri saja untuk melongok ke kalender dan memutar video di playlist youtube Blogilates (Meskipun kadang-kadang males juga). Jadilah loncat-loncat di kamar, keringatan dikit, yang penting badan segar. Oh iya, saya pertama kali bisa headstand (nyender di dinding) tidak pake bantuan gara-gara tutorial di Blogilates lho! Ajib! 😀

Di Channel youtubenya juga banyak resep-resep cemilan, minuman, smoothies, dan masakan lainnya yang bisa kita olah agar sehat. Yah, meskipun di Indonesia agak lebih susah dan mahal untuk membuatnya, tapi melihat videonya saja sudah kerasa segarnya dan bikin ngiler juga, wkkwk.


Agaknya tulisan di blog ini sudah berubah menjadi mempromosikan Blogilates ya? Hehe. Yah, karena bagi saya pilates=blogilates. Di channel yang lain ada juga, yang membuat tutorial pilates, tapi menurut saya tidak ada yang sedetail dan sekreatif Casey dalam memodifikasi pola pilatesnya. Dalam beberapa video dia juga menspesifikkan bagian tubuh mana yang ingin diubah, misalnya abs, atau tangan, atau kaki.

Terakhir, pilates tidak hanya bisa dilakukan oleh perempuan. Laki-laki juga bisa! Badan yang kaku-kaku bisa jadi lebih lentur dan lebih bertenaga (karena gerakkannya banyak yang susah!). Mungkin memang agak malu kalau melakukannya ditengah keramaian, tapi pilateskan, bisa dilakukan dimana saja, termasuk di kamar. Asal ada niat, kemauan, pasti bisa!

P.S : Maaf tidak bisa mencantumkan endorse foto dari saya. Ya kali posting body di blog, haha.

Check her out >> Blogilates

 

Iklan

19 thoughts on “Apa Itu Pilates? [Introducing: Blogilates]

  1. Aku ada 2 vcd nya pilates dapat gratisan dr promo pilates tp pas aku play ternyata gerakannya kayak yoga. Baru tau pilates 11 – 12 dg yoga 😅

    Suka

  2. Oh ea aku subcribe youtubenya casey udah lama…dia juga yogini di ig nya aku suka liat wajah dia bikin happy ya fresh gtu muka nya casey 😅

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s