METEN TERROR (Baca! Penting!)

Karena sudah masuk pertengahan (alias minggu ketiga, boleh lah ya ditulis terror-terroran lagi hehe :D)

Gimana rasanya jadi mahasiswa tingkat tiga?

Bagaimana modul pertama setelah libur panjangnya?

Luarrr biasah.

Cuma di modul ini, diktat kuliah yang diberikan pada minggu pertama tebalnya lebih serem daripada 4 minggu modul lain. Gile bener bro! Suci aja sampai ngejilid bahan kuliahnya pake jilid roll gitu, jadi tambah seram!

Apalagi setelah minggu pertama kemarin ada satu hari libur karena Idul Adha. Pas itu aku sudah berinisiatif mencicil belajar karena Peksiminas. Dan jadi kaget sendiri, karena slide kuliah aja udah satu tas! Haha.

Modul ini seru sih. Oh iya, METEN itu Metabolik Endokrin. Cerita pengantar sedikit ya, Metabolik itu seperti metabolisme, jadi bahasannya (mulai lagi) seputar karbohidrat, lemak, protein… mulai dari unsur biokimia, gizi, sampai kelainan-kelainannya. Dan metabolik tadi berhubungan kuat dengan yang namanya Endokrin, atau kelenjar tanpa saluran pada tubuh manusia yang bertugas mensintesis (buat) dan mensekresi (mengeluarkan) hormon. Kelenjar Endokrin  pada tubuh manusia ada banyak, mulai dari yang ada di daerah kepala dan leher (Hipotalamus, hipofisis, pineal, tirod), ginjal (adrenal) juga pada kemaluan (leydig dll). Pokoknya panjang deh kalau dibahas teorinya. Lha wong slidenya aja sampai satu tas, belum termasuk ke kuliah-kuliah penyakit dan obatnya di minggu 4.

Penyakit yang berkaitan, ya paling sering dibahas itu DIABETES MILETUS. Ketika nilai gula darah sewaktumu lebih dari 200 mg/dl dan gula darah puasa lebih dari 126 mg/dl… hmmm… segeralah pergi kedokter gengs. Karena komplikasi dari penyakit ini mengerikan dan mesti di kontrol seumur hidup!

Nah, pertanyaan yang perlu ditanyaain disini juga : apakah ada salah satu anggota keluarga kalian yang memiliki penyakit DM?

Di modul ini, selain genetik dan lingkungan, GAYA HIDUP harus digarisbawahi sebagai penyebab rusaknya, ga teraturnya, hancurnya kerja hormonal dalam tubuh kita. Apalagi kalau sudah ngomongin obesitas, yang kita sama-sama sudah tahu ciri-cirinya, kayak badan gemuk, lemak dimana-mana, jalan susah, nafas udah ngap-ngap, dll. Cara gampang tahu obesitas yaitu mengukur BMI atau indeks massa tubuh sendiri. Rumusnya BB dibagi TB pangkat dua. Aku sendiri BMInya sudah 2* (bukan gadis langsing yang ada di iklan wrp) hehe. Kalau nilainya :

<18,5 = BB kurang

18,5-22,3 = BB normal

>23,0 = BB lebih

23,0-24,9 = OBESE 1

25,0-29,0 = OBESE 2

>29,0 = OBESE 3

obese? cepat-cepatlah bertaubat. 😀

Tapi beneran lho. Komplikasinya banyak dan bisa membuat hidup tercekik. Ga asik lha setiap bulan mesti kontrol, harus berani nyuntikin insulin sendiri (karena pemakaiannya harus teratur biar gula darahnya terjaga). DM yang bisa terjadi yaitu tipe 2.

Untuk orang-orang yang belum merasakan gejala dari diabetes, bisa memulai langkah-langkah pencegahan seperti mengatur pola diet (diet itu dietary ya teman-teman, artinya makanan, pola makan. Bukannya DIET ngurusin badan), olahraga, dll. Makanan manis bukannya dilarang, tapi dibatasi. Seperti nasi aja, bisa diganti dengan panganan pokok lainnya yang lebih rendah gula.

136379_600.jpg
Sumber disini!

Waduh kok malah jadi artikel kesehatan, haha. Belajar di modul ini beneran bikin pengen ngeshare banyak nasihat, apalagi dari kuliah gizi. Walaupun sekali kuliah bisa bikin nangis karena empat jam, overlap sampai sore pula :’). Tapi worth it banget. Minggu depan ada praktikum buat menghitung asupan gizi. Kalau sudah pandai nanti, bolehlah saya buka post konsultasi, hehe.

Pokoknya, selain terror slide kuliah yang kebanyakan, jadwal kuliah yang TIDAK ADA KOSONGNYA (kecuali kemarin karena miss komunikasi pihak kampus sehingga dosennya nggak datang), dan rasa cemas apakah bisa ujian one-shoot tanpa remedial agar bisa pergi peksiminas tanpa beban? Meten adalah modul yang menyenangkan untuk bisa dipelajari, di mengerti dan digali ilmu sebanyak-banyaknya. Sebagian besar dosen welcome kalau ada pertanyaan (pembaca yang mau titip pertanyaan ke dokter-dokter spesialis/umum bisa titip di kolom komentar, hehe (sekalian wkwk)). Malah sayang banget kalau ga ada pertanyaannya, bagian gizi, bagian kesehatan anak, bagian penyakit dalam, bagian obat, banyak deh!

Yah, sekian dulu. Waktunya mengerjakan LTM. Doakan saya tidak tenggelam dalam slide dan masih bisa bikin tulisan. Daaah!

 

Te-ri-ma-ka-sih

Dari mahasiswa tingkat tiga (ciye :P)

Mari sama-sama perangi lemak diperut! Hehe

Iklan

2 thoughts on “METEN TERROR (Baca! Penting!)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s