Ada 15 Kucing Persia di Rumah: Fira Punya Petshop Ya?

Bulan lalu masih 19. 4 Mama kucing di rumah melahirkan berturut-turut. Ga sekaligus sih, tapi tetap aja anakannya jadi banyak. Oh iya, menjawab judul tadi, ga, saya nggak punya petshop.

Petshop itu kalau dicari di google translate; toko hewan. Meskipun hal tersebut terlalu kasar karena petshop itu juga berarti sedia peralatan yang menyangkut hak hidup hewan, tidak melulu jual-beli hewan. Tapi yang jelas, definisi itu tidak cocok jika dipakai untuk menyebut ruangan 3x2m didepan kamarku, karena kami tidak menjual kucing.

Punya banyak kucing bukan berarti punya petshop guys πŸ˜›

Memang rasanya ketika populasi mereka terlalu banyak sedangkan manusia didalam rumah juga penting untuk diprioritaskan, dengan berat hati kami melepas kesayangan-kesayangan untuk pindah kerumah yang akan lebih menyayangi mereka T.T

Dan kalaupun ada harga yang dipatok, itu bisa berarti banyak hal. Salah tiganya ini:

  1. Sebagai biaya adopsi. Paling tidak untuk ganti biaya perawatannya selama disini (Mandi, shampoo, keringin, sisirin, mani-pedi (akhir-akhir ini aku perhatian dengan kuku mereka), makan, minum, jasa buang pup, dan sebagainya)
  2. Kontribusi untuk pemeliharaan keluarganya yang ditinggalkan (maksudnya bantu beliin makanannya)
  3. Ngeliat apakah yang nge-adopt serius atau tidak memelihara si cantik (sebut saja begitu). Orang-orang yang tidak mempermasalahkan biaya biasanya yang sudah pernah memelihara dan tahu betul bagaimana merawatnya (bukan cuma tau, oh itu persia, oh itu anggora). Meskipun begitu, biaya tidak jadi soal kalau yang mau adopsi orang-orang yang sudah dapat dipercaya akan merawat. Golongan yang paling riskan ya, sudahlah nego nego nego nego, maksa, eh pas sudah ngerawat banyak ngeluhnya. (Apalagi kalau minta tukar. Emangnya ini toko elektronik?

Begitu. Kata Adopsi itu beda jauh dengan jual-beli. Sama sekali bukan petshop. Kalau kata mama sih, maunya jadi cattery.

Duh, sebenarnya aku juga bingung tentang definisi ini. Yang jelas jangan tanya “Fir, boleh nggak beli kucingmu,” atau “Fir, kucing kau dijual dak?”. Tolong gunakan kata adopt, please.

Gitu aja πŸ˜€

Besok-besok kenalan sama kucing fira ya πŸ˜€

 

 

Iklan

10 thoughts on “Ada 15 Kucing Persia di Rumah: Fira Punya Petshop Ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s