THE NAKED TRAVELER 7! [BOOK REVIEW]

Histeris liat pak pos jne mampir didepan rumah. Rasanya campur aduk, nebak apakah kiriman buku dari online shop manakah yang sampai. Ternyata dari mizanstore! Dari packaging-nya yang cuma bubble wrap langsung terlihatlah buku yang ditunggu-tunggu,

THE NAKED TRAVELER 7!

Akhirnya sampai juga PO yang sudah dipesan jauh-jauh hari. Apalagi karena buku ini baru akan di launching tanggal 6 Agustus 2016 dan baru kemudian beredar di toko buku seluruh Indonesia. Jadi bisa baca dan ngereview deluan! ๐Ÿ˜€

Sampulnya biru, kayak TNT 1 (cover lama) tapi lebih ilustratif! Langsung kubuka halaman awalnya dan yap, ada tanda tangan Trinity dan Yasmin! YUHUUU! Setelah TNT 1, 2, 3, 4 kemudian komik ‘Duo Hippo Dinamis’ dan TNT #RTW TRIP jilid 1 dan 2 akhirnya aku bisa lengkapin koleksi! Hoho. Bentar, ada yang belum tau apa itu The Naked Traveler  (TNT)?

Jadi The Naked Traveler itu ada buku dengan genre travel, catatan seputar kisah Trinity melancong hampir keseluruh dunia. Dulunya Trinity upload di blognya, naked-traveler.com (sampai sekarang update sih) kemudian ditawari penerbit buku untuk dibukukan. Gaya menulis yang asyik dan jujur, itu yang paling kusukai dari tulisan-tulisan Trinity. Tidak cuma ini sampai disini naik ini, pergi kesini pake itu, harganya sekian tapi juga banyak pengalaman luar biasa dari yang bikin gemes sampai ngakak sendiri. Sangat direkomendasikan, apalagi untuk orang-orang yang cita-citanya tinggi ingin travelling keseluruh dunia, tapi-apa-daya-provinsi-sebelah-aja-belum-dikunjungi. Dengan mengintip tulisan Trinity rasa-rasanya kita juga ikut merasakan keseruan dari perjalanan-perjalanannya.

Gitu sih. Kalau kalian sudah tahu, bagus. Salam NT-ers! Kalau belum.. gimana yah, padahal ini buku ketigabelasnya Trinity lho!

 

Balik lagi ke review TNT7!

Penulis : Trinity
Penerbit: BENTANG PUSTAKA
ISBN: 9786021246986
Tahun Terbit: Juni 2016
Halaman: 296 Halaman
Berat: 0,35 Kg
Format: Soft Cover
Harga: Rp 84.000,-

Sinopsis :

Lebih dari sepuluh tahun yang lalu, Trinity pertama kali menuliskan rekaman perjalanannya melalui blog naked-traveler.com. Siapa sangka perjalanan-demi-perjalanan ke hampir seluruh provinsi di Indonesia dan 73 negara di dunia, mengantarkannya pada 13 judul buku, termasuk buku ke-7 dari seri The Naked Traveler ini.

Trinity menumpahkan hal-hal seru, yang bikin senang, kesal, geli, haru, sedih, dan bikin nagih, yang lagi-lagi menularkan virus untuk traveling. Dari perjalanan menyaksikan pesona India yang  bersalju di Kashmir, berpesta 3 hari di karnaval di Seychelles, camping bersama singa di Tanzania, mengikuti kapal ekspedisi penelitian bawah laut di Pulau Koon, mencoba aktivitas pemompa adrenalin di New Zealand, terbakar matahari setelah siklon di Fiji, hingga bertemu dinosaurus terbesar di dunia di Kanada.

Yasmin โ€”partner traveling di #TNTrtw, kali ini turut berkontribusi menuliskan satu-satunya pengalaman yang tidak mungkin dimiliki Trinity: naik haji. Pengalaman #YasminNaikHaji menambah keseruan buku ini. Lewat kisahnya, selain menunaikan haji, Yasmin juga mengeksplorasi Mekah dan Madinah dengan cara berbeda.

Halamannya warna-warni, dengan font yang mudah dibaca dan ilustrasi yang lebih menarik daripada 6 buku TNT sebelumnya. Lebih banyak gambarnya, dan foto-fotonya juga tidak buram dan kabur. Mantap! (Penilaian pertama buat buku-buku travel. Kadang-kadang kesal kalau fotonya hitam putih). Kemudian ditengah buku ada halaman-halaman berkertas hijau muda. Apa ini?

Oh, ini #YasminNaikHaji, cerita dari sahabat Trinity saat dia ke Mekkah, menunaikan ibadah haji. Satu-satunya tempat yang tidak mungkin Trinity datangi, hehe. Karena penasaran, bagian ini kubaca pertama. Apakah gayanya biasa saja, membosankan? Ternyata? Melebihi ekspektasi! Kalau kelebihan tulisan Trinity lebih ke catatan perjalan ke daerah-daerah yang tidak terpikirkan oleh kita, oleh Yasmin catatan Hajinya bikin kita kayak belum pernah dengar cerita apa-apa dari kerabat yang pergi haji. Beda! Apalagi perginya tahun 2015 ketika beberapa insiden terjadi. Ada apa?

Kemudian kuteruskan dengan membaca dari awal. Satu Dekade Travel Blogger. Fun facts dan FAQ, yang menarik banget dibaca oleh blogger (seperti saya! :D). Bagian-bagian dalam buku ada yang dibagi berdasarkan benua, tapi ada juga bagian pembelajaran dan bagian yang terang-terangan dikasih judul : ‘Bikin Iri’ haha. Secara keseluruhan enjoy banget bacanya, dan benar-benar puas karena buku ini yang paling tebal dari buku-buku TNT sebelumnya. Biasanya kalau baca TNT 2 atau 3 sebelum tidur rasanya cepat sekali sampai bagian belakang. Tapi buku yang ini benar-benar bikin kenyang, membayangkan ikut jalan-jalan ke Kanada, Fiji, Myanmar, juga daerah lokal seperti Banda, Lampung, Flores..

Final Thoughts :

Dengan ketebalan dan ilustrasi yang cantik dan susunan konten yang rapi, aku sangat suka dengan TNT 7 ini. Meskipun bukan satu kali jalan seperti TNT 5 dan 6 yang Round The World Trip (pasti capek kalau harus bikin RTW lagi) tapi tetap menarik karena pembagian bab-nya cocok. Foto-fotonya memuaskan, relevan dengan cerita. Satu-satunya hal baru yang kupikir sedikit mengganggu adalah kolom pendapat seperti ‘tulis sendiri versimu’. Bukunya sudah cantik kenapa mesti dicoret-coret. Ya kan? Aku lebih suka dengan kolom tips dibelakang sebuah cerita. Begitu saja menurutku sempurna.

9,5 per 10!



Bagi yang belum pernah baca, silahkan intip dulu blog mbak Trinity disini kemudian beli buku-bukunya. TNT 1,2,3, 4 boleh, ada edisi republishnya dengan cover yang lebih keren, tapi kalau boleh kusarankan beli yang TNT 5 dan 6 alias TNT RTW 1 dan 2. Jangan lupa TNT 7! Bagi yang domisili Jakarta bisa ikut launchingnya di Gramedia Mall Central Park di Podomoro City. Yang kesana salam ya dari Fira ke mbak Trinity! ^ ^

 

 

Iklan

13 thoughts on “THE NAKED TRAVELER 7! [BOOK REVIEW]

  1. Fira keren…ada rak khusus buku travelling..hehe..
    Trinity bagus ya Fira?
    Masih paling suka bukunya Agustinus Wibowo..perjalananan yg bkn hny sekedar perjalanan..sarat makna ๐Ÿ˜€

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s