RESPI TERROR

Sudah 4 tulisan tentang TERROR yang kubikin, mulai dari Muskuloskeletal Terror (modul terakhir semester 3), kemudian berturut-turut Gastrointestinal, Renal dan Kardio. Kalau begitu biarkan aku melanjutkannya, dengan Respi Terror.

1466745121405

Sekarang kami, BEYOND dan beberapa kakak tingkat lainnya belumlibur. Masih ada satu modul tambahan, spesial hanya untuk semester empat karena semester 2 dan enam sekarang sudah libur. Huhu. Bulan puasa ini menjadi cerita tersendiri bagi kami yang baru mengikuti modul ini, hari pertama puasa saja harus kami habiskan bersama diruang kuliah, mempelajari anatomi.

Kontras sekali dengan tahun lalu, ramadhan full dirumah. Sekarang? Buka puasa aja di jalan, hehe πŸ˜€

Modul respi, kepanjangannya Respirasi. Tentang pernafasan. Tentang fisiologi dan patologisnya. Ada yang tahu apa penyakit umum pada sistem pernafasan? Pasti tau dong, Batuk Pilek! Yang datang ketika sistem imun kita tidak baik, sehabis menangis, sehabis hujan-hujanan, sehabis.. apa lagi? Coba lanjutkan di kolom komentar!

Bahasannya tambah asyik saat membahas mikroba dan obat-obatan. Penyakit TB! Bagaimana jalur infeksinya dan kenapa menyerang bagian apexβ€”atas dari paru-paru. Kenapa obatnya harus diberikan enam bulan dan kenapa harus taat. Pas lihat tata urutan obatnya jadi kaget sendiri… RHZE.. apa ini? Mana lagi untuk pengobatan mesti dibarengi dengan pemeriksaan sputumβ€”dahak. Terus kalau pengobatannya berhenti ditengah jalan, harus diapain? Nah lo.

Ribet deh. Tapi menyenangkan πŸ˜€

Satu hal yang mengganggu adalah, dilema antara mengerjakan tugas atau melaksanakan tarawih di masjid.

Pulang kadang-kadang nyaris maghrib karena jadwal modul atau rapat organisasi, berbuka, kemudian belajar atau tarawih?

Kalau tarawih, pulangnya pasti diatas jam 9. Belum lagi nyentuh apa-apa, sudah mengantuk.

Benar-benar dilema.

Akhirnya aku kalau sholat tarawih dirumah//

10 hari kedua Ramadhan sebaiknya bagaimana ya?

Mana lagi anak-anak modul ini baru libur H-6 lebaran, kembali ke kampung halaman dengan kondisi baru saja menyelesaikan minggu ke empat. Belum ujian broh! Setelah libur seminggu kemudian barulah kami ujian, dan remedial kalau tidak lulus. Lalu OSCE.

Aku jadi tidak tahu bagaimana caranya fokus beribadah, hmm..

Mungkin sebaiknya aku tidak terlalu parno dengan ujian nanti, dan menikmati ramadhan ini dengan semangat!

Meskipun sebenarnya hatiku sudah mulai galau karena nilai 3 modul sebelumnya sudah keluar… dan sedikit.. mengecewakan.

 

Anyway, ramadhan di kampus artinya banyak acara bukber dong ya πŸ˜€

Bagi-bagi gambar dikit ya πŸ˜€

 

Buka bersama BEYOND, ada pemutaran film dokumenter angkatan kami yang dibuat oleh bro Zhafran.

CYMERA_20160619_213639

 

 

Buka bersama pengurus inti FI-Madina. Biar makin solid !

Jpeg
CORE

 

 

Buka bersama FKIK UNIB! Dari angkatan kami, angkatan-angkatan lain, dokter, staff, juga dari ukm kerohanian UNIB!

FB_IMG_1466224412396

 

IMG_20160618_102129.jpg

Meskipun yang menikmati hidangan tidak sebanyak yang diperhitungkan, mungkin yang lain ada acara diluar, janji dengan orang-orang lain… Dan meskipun kecewa orang-orang yang kuharapkan hadir ternyata tidak hadir… Meskipun sorenya hujan badai… Aku sebagai panitia sangat merasa bahagia karena acara ini berjalan dengan lancar. Terima kasih yang sudah datang πŸ˜€

 

Untuk pertama kalinya kami memakai baju pengurus FI-MADINA! Hijau krem, cantik tidak?

 

Menuju minggu ketiga modul Respirasi! Semangat!

Yang membaca mohon doanya untuk Fira ya, supaya modul penutup semester empat ini bisa memberikan hasil yang terbaik-baik-baik.

 

Sampai jumpa di Terror semester lima πŸ˜€

Iklan

29 thoughts on “RESPI TERROR

    • karena emang serem kuliah kedokteran mas, kelihatannya aja yang enteng hihi.
      bicarain obat, bicarain tumor, bahasannya ga pernah kerasa serius tapi kalau sudah berhadapan dengan pasien nanti pas kepikiran “coba waktu kuliah dulu aku serius belajarnya’…

      Suka

  1. Kalau batuk-flu berdahak, dahaknya buanyak, obatnya atau cara penyembuhannya bagaimana?

    Terus kalau batuk kering, tidak ada dahak, tapi batuknya bikin sakit, harus bagaimana?

    Mohon penjelasannya, lagi batuk soalnya sudah seminggu ini. Hikz

    Suka

  2. jangan sedih sholat tarawih di rumah πŸ™‚ keutamaan ibadah tarawih seorang wanita justru di rumah dan berjamaah. kalau nggak berjamaah pun nggak apa-apa. Semoga berkah yaa fira

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s