KARDIO TERROR

Bukannya nggak mau update sering-sering. Tapi kayaknya di aplikasi wordpressnya atau internetna atau browserku ini (kayaknya sih di browsernya) sedang ada gangguan. Kalau mau ngeupload gambar gagal terus. Mulanya kupikir ini masalah internetnya, tapi perasaan ngeaksesnya udah malam pas orang sudah tidur semua (DJ 11 brooo), kalau di wordpressnya, di hp ga ada gangguan kok. Jadi kuasumsikan gara-gara mozila, atau flash atau akunya yang oon makanya aku ga bisa upload gambar.

Gmail juga gagal terus ngeunggah lampiran. Kenapa ya?

Ada yang bisa bantu?


Wokeh, update lagi ya terror seriesnya (karena sekolah kedokteran selalu bikin jantung dag dig dug serrr~). Kali ini modulnya Jantung. Modul yang kayaknya bakal jadi favorit, yah, soalnya kemarin aja sebelum masuk modul ini udah coba-coba ikut olimpiade di kampus cabang jantung-paru hihihi. Bakal kenalan dengan angina pekoris, hipertensi, gagal jantung, ekg… ulalaaaa

Nanti yang mau konsul penyakitnya boleh dibawah hihihi. #ecieh

Modul ini satu-satunya modul yang sebelum kuliah sudah kubaca slidenya. Ngerti lebih dulu tentang membaca ekg (baca : garis-garis seperti rumput yang menandakan kelistrikan jantungmu). Kuliah-kuliahnya pun asyik, walaupun beberapa nggak ngerti sampai ketiduran kuliahnya diulang lagi pas diskusi.

Jantung itu sendiri aja udah organ yang unik. Dari SMA juga udah diajarin tentang ventrikel kanan, kiri, atrium kanan, kiri, aorta, arteri pulmonalis.. Tapi disini diajarin lagi tentang selaput dan ototnya, gimana jantung itu bisa berdetak sendiri, mengenal bunyinya (bagusloh, kayak ringtone hp), tunika-tunikanya, penyakitnya.. dan.. epidemiologinya.

Penyakit jantung itu terbesar keberapa di Indonesia?

Kesatu!

Terbanyak kematian karena apa?

Penyakit jantung koroner!

Nah lo. Kalau sudah ngomongin kesehatan jantung, jadi pada pengen ngubah gaya hidup semua. Termasuk aku dan teman-teman sekelas. Kan faktor resikonya rasanya ada semua di kehidupan kita, stress, obes, rokok, hiperlipidema (banyak makanan berlemak), jarang olahraga. Belum lagi kalau keluarganya punya masalah jantung pada usia muda. Resikonya makin besar!

Glek. Semuanya (kurasa) pas kuliah pada mikirin diri sendiri dan keluarganya, “apa yang sudah saya lakukan selama ini pada jantung saya, jahat“. Terus kepikiran makanan yang biasa dimakan, santan dan kawan-kawan, daging. Ayam, bakso, tongseng… Bebek….

Jadinya terror modul ini nggak sekedar terror takut ujian, tapi juga terror nyata untuk berubah ke jalur gaya hidup sehat.

Abis kuliah gizi aja, pulangnya aku langsung melongok ke kulkas dan memeriksa makanan yang bagus buat jantung. Ga banyak sih. Paling banter yoghurt (yang selalu ku restock buat diri sendiri, huahaha), terus sayur-sayur (yang ga pernah disentuh buat diolah kalau weekday) juga alpukat.

*Langsung makan alpukat. Malamnya makan quacker oats.

Oh iya, gara-gara kuliah ini juga aku menemukan cara enak makan oats yang hambar dan cenderung pahit itu. Seduh quacker merah 2 sdm dengan 1 bungkus energen. Mantap kan? πŸ˜€

Yok yok dicoba. Enak kok. Sanking seringnya satu bungkus quacker udah abis. Pas belanja bulanan sama mama, nyari di hypermart quacker, ada. Tapi bungkus kecil. Kuambil 2, eh sama mama ditambahin dua lagi. Aku ngincernya sih yang bungkus besar biar tahan 2 bulan. Eh, ga taunya pas pulang keesoka harinya udah nambah satu bungkus besar lagi! Gilak kapan habisnya?

Balik lagi ke bahasan modul. Sekarang, pas ditengah-tengah ujian modul. Sudah terlewati dua tahap, masih ada 3 lagi. Mestinya hari ini ada ujian, tapi sekarang dipindah jadi hari kamis. Alhamdulillah ada waktu buat baca lebih banyak (dan ngetik sesuatu kayak gini).

Ujian CBT kedua nanti materinya agak banyak, tolong doakan supaya lulus ya?

Udah ga sabar ngerenov kamar dan masuk modul baru ==> Respirasi a.k.a Paru-paru!

Bye! πŸ˜€

 

 

 

*Cocok ga sih kalau aku nulis artikel tentang kesehatan?

19 thoughts on “KARDIO TERROR

  1. Aku… Aku selama ini makannya lemak semua :”) baso, sup iga, tumis daging…. Huaaa

    Ka penyakit jantung bisa nyerang remaja gak ?

    Aku dulu sempet ikut olimp bio gitu tapi aku skip pelajaran jantung darah dan kawan kawan karena waktu denger darah darah sama jantung yang tap tap gitu bawaaannya lemes sampe ga bisa nulis huhuhu kira kira aku kenapa ya? Wks malah konsul

    Okedeh habis baca ini aku mau olahraga biar ga mendzolimi jantung sendiri πŸ™‚

    Suka

  2. Kok kayaknya kuliah kedokteran seru banget sih huhu. Resepnya dund fir supaya jantung terus sehat (selain oats, yoghurt, dan alpukat di atas hehe)

    *Cocok!

    Suka

  3. Wah pas banget nih bahasannya, jantung dan penyakit jantung coroner. Saya bisa kasih testimoni sebagai salah seorang yang sudah pasang ring di usia muda.

    Pasti banyak yang kaget setiap saya cerita soal ini, dan banyak yang gak nyangka. Jangankan yang baru dengar ceritanya, bahkan saya, keluarga, dan dokter yang meriksa saya juga kaget waktu nemuinnya. 80 persen penyumbatan di pembuluh jantung depan kanan (LDX).

    Yang membuat kaget adalah karena waktu itu saya rajin olahraga, berat tubuh ideal, jaga makanan (banyak sayur dan protein bersih), dan juga jaga pola hidup. Tapi kok tetap bisa kena jantung coroner? Nah itu. Saking anehnya, sampai-sampai kasus saya ini dijadikan bahan presentasi oleh dokter spesialis yang merawat saya. Buat bahan cerita, bahwa penyakit jantung coroner faktornya makin ‘aneh’ selain factor-factor yang dipercayai selama ini.

    Dan memang kesehatan jantung ini wajib dijaga, karena vital banget.

    Eh jadi cerita kepanjangan deh hahaha, maafkan.
    Sukses ya dengan kuliahmu Fira …

    Suka

  4. Calon dokter jantung? Jadi inget drakor2 dengan tokoh dokter jantung dan bedah thorax lengkap sama istilah2 macam CABG, tachycardia, aritmia, CPR dll…

    Jantungku sering ada keluhan terutama tanggal tua hehe…*khasemak2*

    Suka

    • Wahaha tanggal tua emang horror ya mbak, hehe. Ada lebih banyak lagi istilahnya mbak, takikardi ada supraventrikel takikardi, ada fibrilasi aritmia, kalau nggak cpr penanganan DC shock.. dll (tapi penyakitny putar2 ke hipertensi sama gagal jantung aja kok hihi)

      Terima kasih udah mampir 😊

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

