Serunya Magang BPN (part 2) [JOMBLO ALERT]

Akhirnya kesampaian juga bikin lanjutan part 1. Sebenarnya draftnya udah lama dibikin, tapi nyari timing yang pas yaitu MALAM MINGGU dimana sebagian besar anak BPN sudah pasti online, hehe. Jomblo nih yee 😀

Mudah-mudahan ga terlalu basi untuk diflashback-in, juga nggak terlalu diambil hati ya, buat yang baca, saya cuma menyampaikan keunikan magang angkatan ini aja.

1452397861653
Semuanya bermula dari sini!

Okeh!

Jadi lanjut dari postingan pertama tentang pendaftaran dan penerimaan anggota magang, part kedua ini adalah waktunya isi!

Ngapain aja sih di grup magang?

Sebenarnya ada 3 hal penting yang kami lakukan di grup magang.  Yang pertama itu tentu saja NM alias Net Meeting. Dan hal ini pasti dilakukan semua grup organisasi manapun untuk memfasilitasi komunikasi antar anggota yang kepalang jauh. Di grup besar magang BPN sendiri ada 3 kali NM yang di narasumberi oleh orang-orang hebat.

  1. NM Pertama (28 Nov 2015) : Bang Ari Sudewa selaku diruter. Bang Ari ini yang bakal memimpin BPN untuk tahun depan, pelantikannya pas Indonesian Medical Student Summit (IMSS a.k.a Munas karena bakal diadakan rapat besar se fk se Indonesia). Di NM pertama ini kami perkenalan, sekaligus juga diberi penjelasan apa itu BPN, visi misi nya, maskotnya, hubungannya dengan ISMKI, dan BANYAAAAK LAGI. Penasaran sama BPN? Gabung dong, hihi 😀
  2. NM kedua, malam minggu lagi 😛 (5 Desember 2015) : oleh Bang Akmal Niam Firdausi. Beliau adalah Sekjen ISMKI 2015-2016, yang sebetulnya adalah wasekjen bagian eksternal yang kemudian naik menjadi sekjen setelah sekjen sebelumnya mundur karena sudah lulus dari pendidikan kedokteran/ sudah dokter. Maaf OOT sedikit. Bang Akmal ini menyampaikan materi tentang kepemimpinan, materi yang paling penting buat orang-orang yang mau berkecimpung dalam organisasi. Asiknya ada waktu untuk tanya jawab juga. Asiiik :D.

3. NM ketiga oleh kak Dwi (11 Desember). Kak Dwi adalah narasumber untuk materi kepenulisan. Jadi, hasil wawancara dan berita kami dikumpulkan kemudian dikoreksi oleh kak Dwi. Kak Dwi ini jurnalis di Tribun Bali. Wii… langsung ke yang sudah berpengalaman ya narasumbernya? Mulai dari teknik wawancara, jenis-jenis wawancara, tentang TOR, tentang EYD, tentang penulisan nama, judul, etc, pokoknya BPN banget deh! Seru!

1452916039657.jpg
Enter a caption

Setelah tiga NM tersebut, ada penutupannya. Eits, sudah bicara penutupan? Belum selesai! Kita lanjut ke hal ke 2 yang paling penting pas magang!

Ya itu…. Tugaaas!!!

Iya tugas! Tugas pertama adalah tugas universal yang wajib buat seluruh anak magang. Kita-kita disuruh menulis tentang kabut asap! Tapi bukan fiksi kayak cerpen Langit Biru atau tentang pembentukan asap, ya, hehe. Berita beneran. Dan mesti dibikin berdasarkan hasil wawancara dari narasumber riil. Karena sekarang langit sudah cerah, kami mesti memutar otak untuk menggali isu kabut asap ini, hihi. Deadline yang diberikan yaitu 2 minggu. Setelah dikumpulkan kemudian akan dikoreksi oleh kak Dwi sekaligus diberitahu tulisan siapa yang paling layak dimuat dalam surat kabar! (Nggak semuanya lolos berarti, kan? hihi. Masih perlu banyak belajar! ^ ^).

Dan yang paling layak dimuat… tulisan kak Kenny dari fk baiturrrahmah padang! Selamat ya!

Kemudiaaan, lanjut ke tugas magang divisi. Untuk divisi spektrum, divisi pilihan pertamaku, kami ada dua tugas. Pertama itu bikin tulisan buat majalah spektrum. Ada banyak rubrik yang ditawarkan, mulai dari rubrik liput dan lipsus (yang membicarakan soal intership), rubrik ethnomedicine, opini, hiburan, dll. Aku termasuk orang yang beruntung mendapatkan rubrik hiburan, HEHE. Tapi yang mengambil rubrik yang lebih susah juga keren, apalagi yang dapat liputan utama dan liputan khusus.

Tugas kedua, menulis artikel bebas untuk diterbitkan di spektrum online! Oh iya, kalian bisa akses tulisan-tulisan anak spektrum disini ya : http://www.spektrumonline.bpn-ismki.org/

Untuk tugas magang divisi eksternal cuma ada satu tugas (Yeaaah!) yaitu tugas membuat poster ucapan hari besar. Ada banyak pilihannya untuk temanya. Bisa pake aplikasi apapun, yang penting kreatif! Yang grafis grafis, hehe 😀

Tugas-tugas ini benar-benar membuat desember saya berwarna, hihi. Jadi pingin magang lagi 😛

Satu lagi yang penting dari grup magang BPN adalah

Ngomongin Jomblo!!!

Iya, jomblo! Entah kenapa topik ini kayaknya hits banget di grup ini. Apa karena tingkat populasi jomblonya kebanyakan atau gara-gara kami terlalu sering NM di malam minggu sehingga jiwa-jiwa kesepian itu menampakkan diri?!

^ Galeri screenshoot kegokilan anak-anak magang BPN, hihi.

Belum lagi quiz magang yang dibikin oleh anak-anak internal yang bikin baper dan ngakak.

1452916962230

1452917010809

Anyway, ga kerasa waktu magang selama sebulan setengah sudah berakhir. Tinggal penutupan dan wawancara perekrutan. Pas penutupan diumumkan 3 besar Best-Magangers dan 3 besar inovasi terbaik? Hem hem, siapa ya? Mungkin nanti ditaruh fotonya aja kali ya di liputan IMSS? (Iya nanti kalau jadi pergi IMSS aku bakal update vlog di blog!! :D).

Pokoknya keseluruhan, magang BPN ini asik banget deh. Akhir tahun ditemani orang-orang yang punya passion dan hobi yang sama (nulis dan grafis) (juga sama-sama joms). Sangat DISARANKAN untuk teman-teman yang belum bergabung dengan BPN-ISMKI, buat ikut magang tahun depan. Siapa tahu bisa jadi pengurus nasional 😀

 

Terima kasih buat kenangan indahnya selama di magang 😀

Para pengurus tahun 2015-2016, teman-teman magang.

Semoga bisa ketemu di IMSS  ya 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s