Serunya Magang BPN (part 1)

Ikut magangnya atau langsung ikut open rekruitmennya ya?

Itu pemikiran yang berputar dalam benak saya sebelum memutuskan untuk mengikuti alur magang. Mujur saya mengambil keputusan tesebut,  karena belakangan saya tahu, bahwa alur open rekruitmennya melalui proses magang terlebih dahulu, kemudian wawancara.

Heeh, soalnya ga ada tempat bertanya di kampus, hihi 🙂bpn-ismki.png

Sedikit informasi, BPN itu kepanjangannya adalah Badan Pers Mahasiswa,
sebuah badan kelengkapan dari Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) yang mengurusi urusan pers mahasiswa! Asik kan? Selain menangkap berita dan mempublikasikannya, juga mengulik isu-isu di bidang kedokteran dan masyarakat!

Meskipun tuturanku kedengarannya keren, pada awalnya aku sama sekali nggak ngerti apa aja yang dikerjain BPN, hihi 🙂 Cuma pernah lihat majalah SPEKTRUM beberapa kali dan menyimpan koran bulan bakti yang dibagikan bang Yoga pas Baksoswil 2014 lalu.

Okeh, masuk cerita ya! Waktu itu, bulan November. Aku lagi kepikiran tentang akhir masa jabatan di PHW di ISMKI wilayah 1. Apa harus ikut lagi oprec PHN nya ya? Atau vakum dulu di dunia organisasi eksternal kampus dan fokus di internal saja?

Kemudian poster ini muncul di Line official BPN.

1452397861653.jpg

yang mau nonton video profil BPN atau tentang oprec bisa lihat disini

Dan karena iseng (dan karena memang sudah pengen coba mengenal BPN sejak tahun lalu (tapi telat daftar, hehe :D)) akhirnya aku ngechat di Line itu. Eh malah dibalas 😀

Kemudian malah ngobrol sama adminnya hehe. Misteri siapa yang pegang akun waktu itu belum terjawab, nanti deh ditanya 😀

Akhirnya aku memantapkan hati untuk daftar PHN BPN setelah berkonsultasi dengan bang Bobby (Gubernur Mahasiswa FKIK UNIB) dan Abah (baca: ayah). Formulirnya cukup panjang, malah kayaknya lebih panjang daripada formulir pengurus BEM atau ISMKI, tapi setidaknya tidak semengerikan formulir BAPIN yang mengharuskan kita mengisi formulir dengan bahasa inggris (langsung merasa inferior x.x).

Sebenarnya ada sedikit drama saat mengirim formulir, tapi aku jadi malu sendiri menceritakannya, haha. Lanjut!oprec.PNG

Sabtu, 28 November 2015. Untuk pertama kalinya aku join dengan orang-orang yang berpasssion yang sama dan punya misi yang sama! Sayangnya pas masuk ke grup Line nya, orang-orang sudah mulai NM! Aduh, gimana ini?! Agak aneh sih kalau tiba-tiba masuk kemudian melompat dan ngomong “HALO SAYA FIRA!” Kemudian pasang stiker kucing geal geol :P. Maka dari itu aku memutuskan untuk gabung-gabung dulu di grup Divisi. Ada dua Divisi yang kupilih sebagai pilihan pertama dan kedua, yaitu Divisi Spektrum, lalu Divisi Eksternal.

Cerita dibalik mengapa aku pilih Spektrum dan Eksternal? Kalau spektrum karena setiap 3 bulan sekali aku akrab dengan poster ‘Call for Paper’nya, dan kenapa eksternal? Ya karena aku yakin yang bikin poster tersebut pasti orang-orang ini, hihi. Mirip-mirip lah dengan ICT ISMKI.

Balik lagi ke cerita magang, aku kemudian diberi tahu timeline dari agenda magang yang akan berlangsung kurang lebih 1 bulan.

Timeline Magang BPN

28 Nov : NM bersama ttg magang dan penugasan bersama (nulis berita tentang kabut asap)

29 Nov : NM perdivisi (perkenalan divisi dan tugas perdivisi)

30 Nov-4 Des : Pelatihan per divisi, waktu bervariasi

5 Des : Materi kepemimpinan oleh sekjen/wasekjen

11 Des : Materi wawancara dan menulis berita, pengumpulan tugas asap

25 Des : Deadline penugasan per divisi

26 Des : NM evaluasi perdivisi

27 Des : NM bersama untuk penutupan, kesan dan pesan

28 Des – 2 Jan : Wawancara

4 Jan : Pengunguman

Reaksi pas liat timelinenya? Wat, padat amat! Apalagi ini akhir tahun kan bakal ada ujian modul Muskulo! Apalagi tugasnya itu ada yang tugas besar dan tugas divisi, nah divisinya dua kan dikali dua?

Hem, bisa nggak yah?

>>Bersambung ^ ^

 

 

17 thoughts on “Serunya Magang BPN (part 1)

Tinggalkan Balasan

