NEGERI VAN ORANJE the Movie [Review]

Alhamdulillah, akhirnya tercapai juga niatan nonton NVO!

HIYAAH! πŸ˜€

Setelah beberapa hari (minggu?) nungguin masa jaya Star Wars dan Bulan Terbelah di Langit Amerika (BTLA) kelar dari 21 Bengkulu, akhirnya saat-saat menggembirakan itu tiba juga. Pagi tadi pas liat koran mama yang ngasih tau kalau NVO sudah ada di bioskop Bengkulu. Udah begitu, dalam hati langsung bisik-bisik

negeri_van_oranje-20150731-009-rita.jpg

Malam ini mesti nonton!

Baca tulisan NVO sebelumnya disiniΒ 

Akhirnya tiket sudah ditangan! Yey! Tapi kami beli show yang paling malam, jam 20.40. Ya sudahlah tidak apa-apa, yang penting ditraktir bebek goreng πŸ˜€

Setelah sholat isya, langsung cuz berenam (sekeluarga) ke lantai 3 Mega Mall. Masih harus nunggu sebentar, tapi nggak lama kemudian sudah dipanggil masuk teater. Sip, masuk! Kemudian sedikit berdebar untuk nonton, tapi ternyata diputarin trailer 5 film coy! =_= Yang pertama film luar negeri tentang ekonomi amerika, yang kedua film Talak 3, yang keempat film hantu (yang meranin Nana Mirdad, itu luar biasa nggak mendidik filmnya, dari trailernya aja udah menakutkan), kemudian film horor lagi, terus filmnya Acha Septriasa yang tentang pembunuhan (hi serem!)

Aduh malah jadi review trailer film. Lanjut-lanjut.

[Warning: Spoiler Everywhere]

Kalau ditanya reaksi, aku cuma terpana aja nonton filmnya, serius. Sampai ga objektif lagi rasanya menilai filmnya. Terpesona sama keindahan shoot Belandanya, terpesona sama pemeran Lintang [Tatjana Saphira], sama Wicak [Abimana], sama Daus juga [Ge Pamungkas]. Yang agak kaku ngeliatnya si Geri [Chico Jerico], sedangkan yang satu lagi si Banjar [Arifin Putra] karakternya jadi agak playboy di film, dikit-dikit pengen rangkul aja, risih! (plis dong njar, ini ada mama gua ikutan nonton!!) πŸ˜›

post_8114_2015_11_16_ge-pamungkas-jadi-daus-negeri-van-oranje-bakal-menginspirasi.jpeg

Meskipun ada beberapa set dan kasus yang tidak sesuai dengan buku, termasuk kejadian vital saat Lintang melarikan diri setelah melihat Geri mesra-mesraan sama pasangan gay nya. Aku berharap banyak melihat mereka bertiga, si Wicak Daus dan Banjar diperlihatkan amat kaget dan shock, kemudian buru-buru menemui Lintang.

Lah iyalah, isi pesan Lintang itu di buku kayak gini :

S.O.S

Geri jahat, bikin shock! Kalau kalian nggak datang, mending gue loncat aja dari dok turis Schev! Please hurry.

Tapi nggak diperlihatkan bagian itu. Plus, pas Geri ngaku kalau di gay, ketiga sahabat cowoknya kayak nganggap kalau hal itu bukan apa-apa, cuman Daus aja yang nanyaΒ apa Geri punya perasaan juga ke dirinya. Hal itu membuat, yah, orangtua yang ikut menonton kecewa, apa-apa yang tidak boleh disamarkan menjadi abu-abu. Setidaknya, untuk respon pada hal tersebut ada respon positif dan negatifnya, terlepas dari jalan cerita bahwa semua sahabat Geri dapat memahami Geri.

Bersangkutan dengan adegan diatas, adegan awal sekali bukan adegan Lintang yang sedang patah hati dikhianati Geri (seperti di novel), tapi malah kejadian di Praha dimana keempat (tapi nyatanya cuma Daus sama Banjar aja yang taruhan) laki-laki tersebut membicarakan siapa yang pantas untuk mendapatkan hati Lintang tapi kemudian kepergok oleh Lintang. Lintangnya marah kemudian sakit hati dan keluar karena ngambek.

Disana digambarkan keempat laki-laki itu berusaha mencari Lintang (meskipun sebenarnya di novel, si Geri nggak ikutan pergi jalan-jalan ke Praha), disangkutkan dengan setting masa kini dimana Lintang sedang mempersiapkan pernikahannya dengan salah satu diantara mereka. Bikin orang yang belum pernah baca novelnya jadi menduga-duga, dengan siapakah Lintang menikah??? Tautan ini sebenarnya agak membingungkan (pernyataan adik bungsuku dan mama), tapi sweet banget buatku yang udah baca buku, hihi πŸ˜€

Juga kenapa nama mereka AAGABAN, ga dikasih tahu sama sekali. Mungkin karena singkatannya ga asik, wkwk. Fyi aja, AAGABAN itu artinya Aliansi Ameresfoot GAra-gara BAdai di Netherlands wkwk, sebagai pengingat perjumpaan pertama mereka.

Keseluruhannya bagus! Aku paling suka pas Lintang nanya kenapa Wicak punya banyak teman. Jawabannya bagus banget,

Cukup satu kejadian

Bahwa kita perlu ramah dengan orang-orang yang bermakna bagi kita, makna tersebut didapat dari satu kejadian berkesan dengan orang tersebut. Bahkan untuk itu, kita bahkan tidak perlu menghapal nama, seperti cerita Wicak bahwa ayahnya ketika bertemu ibunya untuk kedua kalinya masih belum hapal nama, tapi ayahnya tahu orang ini adalah orang yang membantunya menunjukkan letak perpustakaan pada hari pertamanya di kampus.

hqdefault.jpg

Wicak jadi tambah keren dih ah!

*Padahal di novel ga ada deh, hihi.

Oke sip. Jadi sampai ketengah, setelah Geri menyatakan bahwa dia Gay, penonton dalam bioskop sudah mulai berbisik-bisik bahwa Wicaklah yang akan mendapatkan hati Lintang. Itu bahkan sudah diputuskan oleh penonton!! Yeah! Siapa juga yang nggak meleleh liat charmingnya abimana?! πŸ˜€

Jadi yang dua ini sudah bisa disingkirkan juga dari peluang, haha. Yang satu terlalu playboy, yang satu terlalu cerewet.

NEGERI VAN ORANJE - OFFICIAL TRAILER - In Cinemas Dec 23.mp4_000053760.jpg
Lintang dan Banjar
Negeri-Van-Oranje-Official-Movie-Trailer-2015-388x220
Lintang dan Daus

Oke, sekian review kali ini! Doakan saya bermimpi bertemu Abimana, hihi. Mau ngucapin selamat dan terimakasih untuk aktingnya memerankan Wicak dengan sempurna πŸ™‚

Adegan Wicak nembak Lintang ga disebut disini ya, nonton sendiri aja kalau bagian itu! πŸ˜€

 

 

 

Iklan

14 thoughts on “NEGERI VAN ORANJE the Movie [Review]

  1. yey..akhirnya kesampaian juga obsesi nonton filmnya..hahaha
    Kalo cerita jalan2 gini enaknya liat settingnya. Kalo ceritanya enakan baca bukunya. Lebih runtut πŸ˜€

    Rating filmya berapa Fira?

    Suka

  2. Dukung Wicak. Ak sih lom baca bukunya dn nonton filmnya. Tp pas lihat poster film ini ak setuju Lintang ma Wicak aja deh. Baca reviewnya mengingatkanku pd drama korea Reply 1994. Si tokoh cewek (Go Ah Ra) punya 4 shabat cowok, trus setting mundur menampilkan Go Ah Ra menikah dg salah satu sahabatnya, bikin penonton penasaran. Makin ke belakang 2 tmenny tereliminasi, mnyisakan Chilbong dan Trash

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s