IT’S NOT THEM, BUT US [GSI on Autis Center 2015]

1445668545968Halo! Balik lagi ke berita-berita hangat seputar dunia FKIK UNIB, kali ini saya sebagai wartawan dadakan akan mereview acara teranyar kita, GERAKAN SOSIAL INKLUSIF PEDULI AUTIS. 

Dan sebagai wartawan disini, saya akan mewawancarai ketua pelaksana dari acara tersebut, yaitu mbak marghfira.

Yak, mari kita mulai yuk!

Wartawan : Pagi mbak, apa kabar?

Mbak ketupel : Iya pagi, ada apa ya?

Wartawan : Saya mau mewawancarai mbak mengenai acara kemarin. Boleh mbak?

Mbak ketupel : Wah boleh-boleh. Tapi kenapa pake wawancara mbak? Kan mbak itu saya?

Wehehe, garing. Iya saya ketupelnya kemarin.

Akhirnya dapat pengalaman sebagai ketua pelaksana. Dari satu tahun lebih pengalaman jadi anak buah yang hanya memperhatikan menjadi orang yang diberi tanggung jawab untuk eksekusi.

Dapat kesempatan untuk bolak-balik mengurus izin dan mengecek LINE setiap waktu. Dapat pengalaman juga gimana rasanya nggak fokus belajar karena kepikiran acara. Salut deh dengan abang-abang dan kakak-kakak yang sibuk organisasi jadi ketua. Juga akhirnya merasakan arti partisipasi orang-orang terhadap suatu acara. Hihi.

Nah, besok-besok fir, kalau mau bolos lagi, pikirin perasaan 1444815104810ketuanya!

Back to topic, jadi kemaren itu acaranya silaturahmi dengan anak-anak autis langsung ditempatnya, yakni Autis Center. Tempatnya di daerah Tanjung Agung, Bengkulu. Autis Center itu adalah yayasan yang dibawahi oleh pemerintah dimana tempat tersebut menyediakan terapi seperti terapi bermain, terapi menulis, bicara dan lainnya secara gratis. Nggak cuma terapi tapi juga ada SLB. Jadi kira-kira setelah anaknya sudah lebih terkontrol, anak-anaknya bisa masuk SLB gitu.

Ruwet sebenarnya persiapan acara ini. Mulai dari perizinan sampai dana, dari makanan sampai spanduk. Pertama-tama karena acara ini bukan program dari BEM (prokernya ISMKI Nasional divisi Pengmas, yang dilaksanakan oleh anak-anak alumni LKMM Wilayah masing-masing), maka kami harus mencari dana secara mandiri. Kemudian setelah urusan dana teratasi, kami masih harus memikirkan rundown acara yang akan dibuat. Sepele sebenarnya, isi dengan games saja. Tapi games apa yang cocok dilakukan dengan anak-anak autis? Dan apa manfaatnya? Duh, ilmu modul EBP3KH kemarin belum cukup ni.

Akhirnya dipilihlah rundown dan perlengkapan apa-apa yang kira-kira cocok dengan acaranya. Meski tidak begitu sesuai dengan proker sejatinya dari Pengmas Nasional, tapi setidaknya sudah ada sebuah gerakan kepedulian dari anak-anak kedokteran bagi adik-adik autis.

Setidaknya ini ada sedikit footage dari persiapan kegiatan ini.

1445517402723
Hara nyiapin bingkisan! Seadanya saja, tapi mudah-mudahan bisa bermanfaat 🙂
1445757389491
Ada yang bisa tebak isinya apa?
1445517407764
Rapat!
1445517408879
Iya, disuruh berdiri didepan, hehe
1445517412746
Ruang Terapi Bermain
1445517416000
Puzzle!
Jpeg
Panji berkamuflase dengan dinding saat mencoba memasang spanduk dengan paku kayu 😛
Jpeg
Balooons!

HARI-H

Dari jam 5 pagi saya sudah mondar-mandir makan eskrim untuk bersiap-siap. Kemudian mengantar ndut kesekolah (dengan kecepatan penuh) dan menjemput Hara. Karena khawatir relawannya sedikit saya pergi ke kossan teman untuk mengecek persiapan. Alhamdulillah semuanya sudah siap-siap. Ketika mampir ke daerah kos, saya juga melihat ada rombongan dari acara lain. Ya, sebenarnya dari FKIK sendiri ada 2 acara lain yaitu Bakti Sosial di daerah kembang seri yang dilaksanakan para dosen (dies natalis FKIK) dan Bulan Bakti Oftalmology di daerah batu raja oleh adik-adik 2015. Semuanya berjuang ya!

*Liat Hara dan rombongan memakai almamater, saya jadi keingat kalau almamater saya sendiri masih tergantung didalam lemari.

Setelah sampai di lokasi masih jam 7. Kena tegur masnya sih, karena sebetulnya kami sudah harus siap dari jam 6 pagi. Setelah itu, langsunglah bersiap-siap dengan menurunkan mainan dan alat mewarnai lainnya dari atas. Ini semua jadi bahan untuk interaksi sama anak-anak. Lucunya, mainan yang besar-besar mindahinnya dilempar aja dari atas! Soalnya bahannya gabus. Saya juga jadi keasyikan ngelempar matras. Hara juga, malah sampai nimpain orang! Wehehe. Terus ada juga yang kayak meja, tapi bentuknya segi enam yang tinggal digulingkan aja dari lantai dua lewat tangga yang datar (kayak tangga rumah sakit. Apa kira-kira sebutannya ya?)

Jam 8 lebih sedikit, acara akhirnya dimulai. Hara yang merupakan MC tunggal acara ini membuka acara, tapi tiba-tiba salah satu anak mendatanginya dan meminta mikrofon yang dia bawa

1445757363238

Walah kocak sekali anaknya. Untung mic-nya ada dua. Setelah mendapatkan mic itu, dia langsung nyanyi-nyanyi (serasa konser) di dekat Hara, yang kebetulan tempatnya sudah mirip panggung. Sampai acara pembukaan selesai, dia masih sibuk bernyanyi sendiri (Diikuti dengan seorang anak SLB yang menari dibelakang)

Kata sambutan kemudian diberikan oleh saya, bang Rozi (sekretaris wilayah 1 ISMKI) dan pak Winardi (kepala sekolah SLB). Saya yang tidak bisa memberikan kata sambutan *malah kaget sendiri pas disuruh ngasih sambutan, awalnya lagi bengong aja di belakang memperhatikan barisan anak SLB yang asyik dorong-dorongan.

Setelah itu outbond. Hara mengajak adik-adik untuk melakukan games keakraban paling top dari LKMM Wilayah, Angin Berhembus. Saya sendiri surprise ketika adik-adik bisa mengikuti acara oubond dengan baik. Jujur dalam mimpi saya, ini acara bakalan runyam karena adik-adiknya nggak ngerti dan akhirnya disusul oleh tangisan-tangisan.

Setelah keakraban diluar, adik-adik dipersilahkan masuk. Beberapa langsung menyambar mainan yang ada, tapi ada juga yang berhasil diajak mewarnai. Anak-anak SLB serius sekali mewarnainya, malah ada yang mewarnai lebih dari satu gambar. Bahkan sudah bisa mengisi warna di pola yang ditentukan, ada juga yang sudah bisa gradasi. Duh, pintarnya. Anak-anak yang lebih kecil memilih untuk bermain dengan mainan lain seperti mandi bola dan puzzle.

Senang rasanya melihat teman-teman bisa berbaur dengan adik-adik dari autis center dan tidak memiliki kesulitan komunikasi. Malah ada yang amat akrab dan tidak mau dipidahkan dengan kakaknya, hehe. Saya juga ikut kenalan dengan adik-adik, ada yang namanya Ihsan, Dimas, Nadia, Irul, dan lain-lain.

Tidak terasa sudah jam 10. Meskipun ada yang masih mau bermain, tapi kami tetap mengumpulkan adik-adik dan juga teman-teman relawan di lobby. Sedih karena acaranya sudah usai. Kami kemudian membagikan bingkisan dan memilih 4 anak dari kategori mewarnai dan sosialisasi untuk menerima bingkisan spesial. Tapi tampak luar bingkisannya sama, biar tidak ada keributan hehe.

1445757599214 1445757603199 1445757607967

Sedikit dokumentasi untuk hari ini

Selanjutnya foto bareng!

1445669511705


Senang sekali acaranya sudah beres. Buat adik-adik, terima kasih untuk partisipasi dan kerjasamanya, gambar kalian bagus-bagus! Bakal kakak simpan selamanya! Untuk pihak autis center dan SLB, terima kasih, dan maafkan atas ketidak-jelasan konsep yang didasari oleh ketidaktahuan kami sebagai awam yang hanya ingin melakukan kunjungan. Untuk orang tua juga, terima kasih. Untuk teman-teman dari lkmm wilayah, juga untuk teman-teman ISMKI juga, semoga acara di regio lainnya sukses. Juga untuk pihak kampus yang sudah kasih izin dan pihak bem yang sudah mendukung dan ngasih arahan, mudah-mudahan acaranya juga sukses. Sebanyak-banyaknya terima kasih saya haturkan untuk para relawan, baik yang interaksi langsung maupun teman-teman yang ikut menyumbang. You guys da real MVP lah. Mudah-mudahan kegiatan hari kemarin bisa membawa manfaat dan ilmu! Terakhir saya sampaikan terima kasih untuk alumni lkmm regio bengkulu, Karisa, Hara, Panji, Zhafran, Nancy dan Firma, alhamdulillah acara kita sukses. Yay!


^ Beraninya cuma ditulisan (dan jadi panjaaaang sekali), ngomongnya sendiri harus diiringi dengan pipi memerah dan sambil nunduk-nunduk. Aku mah pemalu :3

Ini ada gambar kiriman dari regio lain yang juga melaksanakan GSI pada hari itu

1445757616951 1445757594272 1445757578029

Rame ya! Yang atas kiri itu dari regio padang, sebelah kanannya dari regio lampung, dan yang disamping itu dari regio palembang. Rame ya! Walaupun pas LKMM kemarin rencananya ambil tanggal 25 Oktober (tanggal cantik, red) tapi karena beberapa ketidakmungkinan maka diperbolehkan untuk menyesuaikan harinya. Hari ini (minggu) mestinya regio medan dan pekanbaru yang eksekusi. Semangat!

Ah, satu foto lagi. Narsis ya fira 😛

1445669840186
Last picture. Ya ampun pake jilbab pink! Kayak mau nyanyi, bukan ngasih kata sambutan 😛

P.S : Karena terlalu cemas dengan rundown-nya, saya sampai lupa ngabarin ke abah (bapak, red) kalau di autis center/kembangseri/baturaja ada acara FKIK. Akhirnya malah acaraku sendiri yang ga diliput sama tv 😥

Sekian liputan dari Fira!

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s