Serba-Serbi Dateline dan Deadline

Sekadar info lah sodara-sodara, mana tahu kalian adalah calon penulis masa depan yang kelak bakal menghasilkan banyak uang dari goresan tinta kalian, *eh sekarang udah modern ya? atau dari rangkaian kata di blog kalian. Kali ini fira ingin berbagi soal DATELINE dan DEADLINE

Buat para penulis, yang sudah biasa dapat order nulis atau suka ikut-ikut lomba mungkin sudah nggak asing lagi dengan 2 kata terdengar sama-sama mengerikannya itu. Atau kalian yang nggak pernah tahu artinya tapi sudah pernah dengar teman kalian bilang 2 kata itu alias familiar, punya pemahaman bahwa 2 kata itu artinya menentukan batas waktu. Begitulah

DATELINE bodoh-bodohan, artinya garis waktu. Yah, mungkin seperti gmt itu loh, yang indonesia dibagi jadi 3 zona waktu, yaitu WIB, WIT, dan WITA. Hehe. Bukanlah, Dateline itu artinya line giving date and location: a line at the head of a newspaper article or similar item giving the date and place of writing  (apa-apaan sih, pakai bahasa inggris! wkwk)

alias, baris yang menyebutkan tanggal dan tempat: baris pada judul artikel koran atau item sejenis yang menyebutkan tanggal dan tempat penulisan. Begitu. Jadi sekedar tanggal dan waktu saja. Nggak semengerikan yang satunya lagi. Yaitu ;

DEADLINE yang bisa diartikan garis mati. Nah, ngeri-kan? Inilah yang banyak menghantui orang. Dalam bentuk garis. Seharusnya nggak serem ya? Kan cuma garis. Bayangin kamu mimpi buruk malam-malam, dikejar-kejar sama garis, bukannya h*ntu spesies lain (tapi kalau garisnya diibaratkan slend*erman, itu juga udah seram banget! #penakut)Tapi ternyata nggak sekedar garis karena garis yang satu ini, berarti the time by which something must be done or completed atau secara ringkasnya time limit. 

Dalam bahasa indonesia, Deadline berarti batas waktu dimana suatu pekerjaan harus diselesaikan. Bisa tepat waktu deadline artinya selamat meski hidup diujung tombak. Bisa mendahului deadline, artinya dewa. Dan terakhir yang tidak bisa mendahului deadline, artinya ngaret, gagal.

Hem, serem juga yah? Deadline itu bagi fira adalah sesuatu yang bertaring yang mengejar kita dari belakang. Anggaplah anjing, kan (tak perlu disensor ye, bukan lagi ngumpat kok) Lengah sedikit kita bisa tersusul dan digigit. Kadang-kadang resiko melewatkan deadlinenya besar sampai pengibaratannya kayak digigit anjing rabies. Kadang nggak terkejar deadline pun nggak begitu terasa. Beberapa orang yah, kalau udah lewat deadlinenya, pasrah aja gitu. Perumpamaannya kayak pas dikejar anjing, buru-buru masuk mobil terus melet-meletin lidahnya ke anjing yang nggak bisa ikutan masuk mobil, hehe.

Tapi ada juga kategori selain yang diatas, yaitu orang-orang yang biasa memainkan deadline. Bukannya dipermainkan deadline tapi yang memainkan. Orang-orang di kategori ini bakal ngulur waktu dan mencari muslihat seratus satu biar masih bisa ikut dalam deadlinenya. Kayak main sama peliharaan sendiri. Dan diam-diam, saya termasuk dalam kategori ini B-)

Tapi main sama deadline itu asyik lho! Biasanya bagi kebanyakan penulis-penulis atau para pekerja dalam bidang apapun yang dikejar deadline, biasa-biasanya sih, kreatifitasnya baru muncul disaat-saat itu. Lucu juga sih, baru ada mood dan ide spektakuler buat nulis, tapi waktunya udah mau habis! *SKS mode on!

panic-meter

Nah, pake kesimpulan yak? Dateline itu artinya waktu tenggat dan Deadline itu tenggat waktu. Astaga, kenapa jadi bolak-balik seperti ini? Hahah, liat keatas aja lagi ya! 😀

“A deadline is a finish line. Don’t stop ’til the door shuts in your face!” ― Raven Moore

Happy deadline time!

Follow blog ini ya ^3^
Jangan lupa cek

※2nd blog : http://www.dearcharlotta.wordpress.com

※Sosmed!
IG @firafirdaus13
FB Fira firdaus
✩DJ11

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s